..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai Nilai Islam Moderat di IAIN Ponorogo Sebagai Upaya Deradikalisasi (Studi Kasus pada Pengurus Organisasi (ORMAWA) IAIN Ponorogo)

Tazkiya, Safana Reih (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai Nilai Islam Moderat di IAIN Ponorogo Sebagai Upaya Deradikalisasi (Studi Kasus pada Pengurus Organisasi (ORMAWA) IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SAFANA REIH TAZKIYA 201180431 A5 (TANPA LAMPIRAN) WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reih, Safana. 2022. Internalisasi Nilai Nilai Islam Moderat Di IAIN Ponorogo sebagai upaya deradikalisasi (Studi Kasus pada pengurus organisasi (ORMAWA) IAIN Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kholis Ph.D.
Kata
Kunci: Internalisasi, Islam Moderat, Deradikalisasi, Moderasi
Problem dalam penelitian ini adalah munculnya indikasi sebagian kelompok mahasiswa yang tertarik dengan cara berpikir kelompok radikal. Terlepas dari ada tidaknya latar belakang aktivisme keagamaan, persoalan serius yang perlu mendapat perhatian mahasiswa adalah sikap eksklusif yang muncul di dunia kampus serta mengantisipasi mahasiswa mulai menjadi tidak toleran, baik karena pemahaman agama atau karena mereka mabuk agama yang disebabkan oleh terfokusnya pada teknologi media sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui nilai nilai Islam moderat yang ditransformasikan terhadap pengurus organisasi mahasiswa IAIN Ponorogo. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan Internalisasi nilai-nilai Islam moderat terhadap pengurus organisasi mahasiswa IAIN Ponorogo. 3. Untuk mendeskripsikan dampak dari pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam moderat terhadap Mahasiswa IAIN Ponorogo.
Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman, yang tahapannya meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification).
Penelitian ini menyimpulkan (1) Nilai nilai Islam moderat yang ditransformasikan terhadap ORMAWA yakni, Tawassuth, Tawazzun, Al i’tidal, Tasamuh, Al musawah dan Assyura. (2) Pelaksanaan internalisasi Islam moderat yakni dengan tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan juga tahap internalisasi. (3) Dampak dari pelaksanaan internalisasi yakni perubahan tingkah laku serta sikap mahasiswa yang saling menghormati dan tidak ekstrimis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:18
Last Modified: 15 Nov 2022 00:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item