..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (TTD ASLI) DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa Kelas VII E Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 3 Ponorogo

Afidatur, Hanik (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (TTD ASLI) DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa Kelas VII E Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A5_201180325_HANIK AFIDATUR ROFIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afidatur, Hanik. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Learning Start with a Question, Keaktifan Bertanya, Akidah Akhlak
Proses belajar mengajar di kelas dapat dikatakan aktif jika adanya keterlibatan dan interaksi yang baik antara guru dengan siswa dalam pembelajaran. Salah satu keaktifan yang dapat membangun interaksi antara guru dengan siswa ialah keaktifan siswa dalam bertanya. Bertanya dapat dipandang sebagai sebuah refleksi dari sebuah rasa ingin tahu pada setiap individu siswa. Tentunya hal ini juga akan berdampak positif pada pemahaman materi dan mengasah keberanian siswa. Namun, fakta yang terjadi di kelas ialah bahwa kurang adanya antusias siswa untuk berkontribusi aktif dalam pembelajaran khususnya untuk bertanya. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor eksternal dan internal siswa. Untuk itu, agar siswa memiliki rasa ingin tahu, keberanian dalam bertanya, dan mempermudah pemahaman materi dalam pembelajaran, maka diperlukan penerapan sebuah metode yang dapat mendukung guru dalam menciptakan suasana kelas yang aktif serta meningkatkan keaktifan bertanya siswa. Salah satunya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Learning Start with a Question atau (LSQ). Melalui penerapan metode pembelajaran LSQ pada saat kegiatan belajar mengajar dapat mendorong tumbuhnya keberanian dan kepercayaan diri siswa untuk bertanya dan berpendapat secara terbuka dan memperluas wawasan melalui pengajuan pertanyaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran LSQ untuk meningkatkan keaktifan bertanya siswa kelas VII E pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Ponorogo, (2) Mengetahui peningkatan keaktifan bertanya siswa kelas VII E dengan menerapkan metode pembelajaran LSQ pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Objek yang di teliti pada penelitian ini ialah siswa dan guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII E MTsN 3 Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran LSQ mampu meningkatkan keaktifan bertanya siswa. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil observasi setiap siklusnya. Pada siklus I hasil observasi aktivitas guru mencapai 69%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84%, untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 60%, dan meningkat pada siklus II menjadi 80%. Sedangkan, untuk kategori hasil peningkatan keaktifan bertanya siswa pada siklus I, siswa yang pada kategori sangat kurang sebanyak 6%, pada kategori kurang 16%, kategori cukup 52%, dan kategori baik 26%. Kemudian pada siklus II, mengalami peningkatan dengan tidak adanya siswa pada kategori sangat kurang, kemudian pada kategori kurang sebanyak 10%, kategori cukup 32%, dan bertambahnya jumlah siswa pada kategori baik yaitu sebanyak 58%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:16
Last Modified: 15 Nov 2022 00:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20776

Actions (login required)

View Item View Item