..(TAMBAHKAN SEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Menghafal terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al Ikhlas Magetan

Salma, Indah Tuhfatus (2020) ..(TAMBAHKAN SEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Menghafal terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al Ikhlas Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
INDAH TUHFATUS SALMA (210313295).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salma, Indah Tuhfatus. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Menghafal terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Magetan Tahun Ajaran 2019/2020, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Menghafal, dan Kemampuan Menghafal
Terkait dengan dunia pesantren tahfidz atau penghafal Al-Qur’an, tidak terlepas dari keinginan seseorang untuk berhasil dalam menyelesaikan sebagai seorang penghafal Al-Qur’an yang tepat waktu. Hasil yang di capai oleh seorang penghafal Al-Qur’an merupakan gambaran tingkat mencapai tujuan. Maka dari itu kemampuan seseorang merupakan tombak utama, khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Dan salah satunya kecerdasan emosional yang menjadi tombak utama untuk mengolah kemampuan menghafal AL-Qur’an, kenyataanya ketika seseorang tersebut memiliki emosional yang baik, maka mereka akan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, salah satunya yaitu tugas dalam menghafal Al-Qur’an. Selain kecerdasan emosional ada faktor lain yang mempengaruhi santri untuk dapat berhasil dalam menghafal Al-Qur’an yakni motivasi menghafal, seorang yang memiliki motivasi yang tinggi mereka akan lebih semangat dalam mencapai tujuan yang di inginkan. yaitu tujuanya dalam menghafal Al-Qur’an agar bisa tepat waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kecerdasan emotional terhadap kemampuan menghafal santri (2) mengetahui pengaruh motivasi menghafal terhadap kemampuan menghafal santri (3) mengetahui adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi menghafal santri di pondok pesantren Al-Ikhlas Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Fhitung (7,02) > Ftabel (3,23) Ha diterima. Artinya kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an (2) Fhitung 12,58 > Ftabel (3,23) Ha diterima artinya motivasi menghafal berpengaruh terhadap kemampuan menghafal, (3) Fhitung (14,62) > Ftabel (3,25) Ha diterima, artinya kecerdasan emosional dan motivasi meghafal berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil perhitungan derminasi R2 didapatkan nilai 49,12% artinya kecerdasan emosional dan motivasi menghafal berpengaruh sebesar 49,12% terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an dan 50,88% dipengaruhi oleh faktor lain yang temasuk bukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:13
Last Modified: 15 Nov 2022 00:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20774

Actions (login required)

View Item View Item