Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Keluarga Islam Di Era Revolusi Industri 4.0

Wahyuni, Sri (2022) Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Keluarga Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180217_SRI WAHYUNI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Sri. 2022. Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Keluarga Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci:Pendidikan Keluarga, Pendidikan Keluarga Islam, Era Revolusi Industri 4.0

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan menjadi penentu dalam pembangunan bangsa dan negara. Keluarga merupakan komponen terpenting dari sebuah pendidikan, karena dalam keluarga anak mulai mengenali pendidikan awal, tentang bagaimana berkomunikasi, berinteraksi dan berperilaku. Dalam konsep keluarga Islam yang didalamnya mencakup mengenai bagaimana membangun dan membina anggota keluarga yang memiliki karakter yang Islami, serta bagaimana dalam suatu keluarga yang didalamnya mengajarkan nilai-nilai islam, seperti ukhuwah Islamiyah, keteladanan, akidah, dan akhlakuk karimah. Perlunya dalam hal ini untuk mengaitkan antara konsep pendidikan keluarga Perpektif Ki Hadjar Dewantra dan relevansinya  dengan konsep pendidikan keluarga Islam yang menyesuaikan dengan keadaan di zaman dan perkembangan teknologi, sehingga dalam hal ini maka penulis mengangkat judul Konsep Pendidikan Keluatga Islam Perpektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Keluarga Islam di Era Revolusi Industri 4.0. 
Adapun tujuan dalam penelitian adalah : (1) mengetahui konsep pendidikan keluarga persepektif Ki Hadjar Dewantara (2) mengetahui konsep pendidikan keluarga di era revolusi industri 4.0 (3) mengetahui relevansi konsep pendidikan keluarga persepektif Ki Hadjar Dewantara dengan konsep pendidikan keluarga Islam di era revolusi industri 4.0.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Library Research, dengan teknik pengumpulan data  menggunakan teknik pengumpulan data literer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau Content Analisis. 
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) konsep pendidikan perpektif Ki Hadjar Dewantara memaknai pendidikan memiliki gagasan terkait lingkungan pendidikan terhadap anak yang dikenal dengan istilah tri pusat pendidikan yang meliputi pendidikan lingkungan keluarga, pendidikan lingkungan sekolah, dan pendidikan lingkungan masyarakat, yang mana  ketiga lingkup ini saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. (2) Pendidikan keluarga Islam merupakan pendidikan yang diberikan di lingkup keluarga yang menjadi madrasah pertama bagi setiap anak yang sesuai dengan syariat-syariat Islam. Keluarga menjadi madrasah pertama untuk menanamkan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari baik perilaku, tutur kata, dan cara berfikir anak. (3) Relevansi konsep pendidikan keluarga perspektif Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan keluarga Islam dapat dilihat dari tujuannya. Dimana tujuan pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara yang mencetak generasi-generasi yang berakhlak dan memiliki rasa disiplin serta berbudi pekerti yang luhur, hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, serta memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan serta bagaimana relevansinya dengan perkembangan zaman yang di tunjang dengan perkembangan teknologi yang pesat sehingga konsep pendidikan keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara serta Konsep Pendidikan Keluarga Islam mampu memberikan kontribusi yang besar dalam mempertahankan culture pendidikan keluarga di era perkembangan zaman sehingga secara pemikiran dan teknologi kita maju namun dalam hal perilaku akhlak kita tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:04
Last Modified: 11 Nov 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20767

Actions (login required)

View Item View Item