Tinjauan Maṣlᾱḥah Mursalah Terhadap Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah Untuk Pandemi Covid-19 Di Lazisnu Magetan

Hasanah, Nisfu Nurul (2022) Tinjauan Maṣlᾱḥah Mursalah Terhadap Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah Untuk Pandemi Covid-19 Di Lazisnu Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180068_NISFU NURUL HASANAH_HES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasanah, Nisfu Nurul, 2022. Tinjauan Maṣlᾱḥah Mursalah Terhadap Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah Untuk Pandemi Covid-19 Di LAZISNU Magetan. Skripsi. Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah (Muamalah) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata kunci/keyword: Maṣlᾱḥah Mursalah, Pendayagunaan, ZIS

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh penjuru dunia telah menjadi ancaman untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Upaya penanggulangan Covid-19 membutuhkan kontribusi dari berbagai pihak termasuk lembaga amil zakat, infak, sedekah Nahdatul Ulama (LAZISNU) sebagai filantropi umat islam. Salah satu yang diupayakan adalah dengan mendayagunakan dana zakat, infak, dan sedekah semaksimal mungkin. Keberhasilan LAZISNU dalam pendayagunaan dana ZIS tergantung pada pengelolaannya. Akan tetapi, pandemi Covid-19 menjadi kendala dalam mengelola dana ZIS secara efisien dan optimal. Banyak terjadi perubahan ketentuan dalam sisi pendistribusian dan pendayagunaan yang dialihkan untuk penanggulangan Covid-19.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan maṣlᾱḥah mursalah terhadap pendistribusian ZIS dalam penanggulangan dampak Covid-19 di LAZISNU Magetan? (2) bagaimana tinjauan maṣlᾱḥah mursalah terhadap pendayagunaan ZIS dalam penanggulangan dampak Covid-19 di LAZISNU Magetan?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris (yuridis empiris) dengan jenis penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan studi kasus (case studies) dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari Miles dan Hubbermaan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan peningkatan ketekunan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Magetan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 mengandung maṣlᾱḥah, yaitu maṣlᾱḥah al-‘ammah, karena berkaitan dengan kepentingan seluruh umat manusia dan maṣlᾱḥah al-ḍaruriyyah dengan pemenuhan kebutuhan pokok yang menyangkut lima aspek, yaitu pemeliharaan agama, akal, jiwa, keturunan, dan harta, akan tetapi pemeliharaan jiwa merupakan aspek dominan. Pendayagunaan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Magetan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 termasuk ke dalam maṣlᾱḥah al-‘ammah, karena tujuannya untuk meraih kemaslahtan seluruh umat manusia dari ancaman wabah Covid-19 dengan mendayagunakan secara konsumtif dan maṣlᾱḥah al-ḍaruriyyah yaitu pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19 dan penanggulangan dampaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:02
Last Modified: 11 Nov 2022 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20762

Actions (login required)

View Item View Item