(kesediaan publikasi belum ada..)PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DUKUH PINTU DESA SIDOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO

MUKAROMAH, ULPA ROFI'ATUL (2022) (kesediaan publikasi belum ada..)PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DUKUH PINTU DESA SIDOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180240_Ulpa Rofi'atul Mukaromah_ PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mukaromah, Ulpa Rofi’atul. 2022 Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap
Kecerdasan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar di Dukuh Pintu Desa Sidorejo
Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Keluarga, Keharmonisan Keluarga, Kecerdasan Emosi ,
Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam
sejarah hidup bagi anak, untuk menciptakan karakter yang kuat dan jiwa yang baik didalam
keluarga. Dengan adanya hal tersebut, maka untuk membangun suasana keluarga yang
harmonis perlunya dibangun koordinasi dan hubungan yang baik antara orangtua dan anak.
Keluarga merupakan lembaga awal bagi kehidupan anak, karena keluarga lah yang punya
waktu lama di bandingkan dengan lembaga lain. Maka, tidak bisa di pungkiri bahwa
keluarga juga bagian dari pembentukan emosi anak, terlebih tentang kecerdasan emosi anak.
Kecerdasan emosi sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu yang ditempuh oleh anak,
sebab intelegence tinggi tanpa emosi yang kokoh dan tepat, anak akan merasa kurang puas
dengan tugas yang akan dijalankan di lingkungan sosial. Dari hasil observasi awal yang
dilakukan oleh peneliti ada beberapa fakta yang peneliti temui pada anak sekolah dasar di
dukuh pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo .
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui profil keharmonisan keluarga di
dukuh pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo; (2) mengetahui profil
kecerdasan emosi pada anak sekolah dasar di dukuh pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo
kabupaten ponorogo; (3) mengetahui adakah pengaruh keharmonisan keluarga terhadap
kecerdasan emosi pada anak sekolah dasar di dukuh pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo
kabupaten ponorogo.
Untuk menjawab pertayaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam
penelitian ini adalah anak sekolah dasar di dukuh pintu bagian timur berjumlah 20 anak dan
anak sekolah dasar di dukuh pintu bagian barat berjumlah 20 anak. Adapun sampel yang
diambil adalah sebanyak 40 responden.
Berdasarkan dari analisis data, ditemukan bahwa (1) profil keharmonisan
keluarga di dukuh pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo dalam
kategori sedang dengan presentase sebesar 62% dengan frekuensi sebanyak 25 responden
dari 40 responden; (2) profil kecerdasan emosi pada anak sekolah dasar di dukuh pintu desa
sidorejo kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo dalam kategori sedang dengan presentase
sebesar 67% dengan frekuensi sebanyak 27 responden dari 40 responden; (3) keharmonisan
berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosi pada anak sekolah dasar di dukuh
pintu desa sidorejo kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo dengan presentase sebesar
34,9%, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di teliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ELFI YULIANI ROCHMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:59
Last Modified: 11 Nov 2022 06:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item