(persetujuan pembimbing, keaslian tulisan bermeterai dan kesediaan publikasi harus di lampirkan..upload ulang)..PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DI MIN 2 PONOROGO

NIKMAH, SEPTA KHOIRUN (2022) (persetujuan pembimbing, keaslian tulisan bermeterai dan kesediaan publikasi harus di lampirkan..upload ulang)..PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DI MIN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180228_SEPTA KHOIRUN NIKMAH_PGMI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoirun Nikmah, Septa. 2022. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Sosial Guru Dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Pengelolaan Kelas.

Pengelolaan kelas yang merupakan salah satu keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif. Namun di MIN 2 Ponorogo kondisi pengelolaan kelas sudah berjalan dengan baik tetapi masih ada kesenjangan dalam mengelola suasana ruang kelas agar kondusif . hal ini ditunjukkan ketika kelas menjadi ramai karena belum terciptanya lingkungan yang mendorong anak dalam aspek perkembangan. Oleh karena itu pentingnya kompetensi guru sangat diperlukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, tetapi peneliti hanya membahas dua jenis kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial karena pada kompetensi pedagogik berisi tentang kemampuan mengelola peserta didik, sedangkan kompetensi sosial berisi tentang kemampuan seorang pendidik untuk berinteraksi secara efektif dengan peserta didik, sehingga proses pembelajaran bisa mencapai sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) hubungan kompetensi pedagogik guru dengan pengelolaan kelas di MIN 2 Ponorogo (2) kompetensi sosial guru dengan pengelolaan kelas di MIN 2 Ponorogo, (3) hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru dengan pengelolaan kelas di MIN 2 Ponorogo.
Metode peneliti dalam penelitian ini kuantitatif dengan sampel penelitian 10 responden, menggunakan rancangan penelitian jenis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan data angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara variabel kompetensi pedagogik dengan pengelolaan kelas diperoleh rhitung sebesar 0,817 > rtabel 0,325, (2) terdapat hubungan antara variabel kompetensi sosial dengann pengelolaan kelas diperoleh rhitung sebesar 1 > rtabel 0,325 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kompetensi sosial dengan pengelolaan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kompetensi sosial dengan pengelolaan kelas, (3) terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial diperoleh koefisien korelasi adalah 0,972, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sedang. Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel lingkungan belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar adalah 94,5% sedangkan 75,7% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:58
Last Modified: 11 Nov 2022 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item