Forum bahtsul kutub untuk menumbuhkan minat belajar membaca kitab kuning santri di pondok pesantren tahfidzul qur'an al-hasan babadan ponorogo

Al-hadad, Bendrat Bagus (2022) Forum bahtsul kutub untuk menumbuhkan minat belajar membaca kitab kuning santri di pondok pesantren tahfidzul qur'an al-hasan babadan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180017_BENDRAT BAGUS AL-HADAD_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bagus Al-Hadad, Bendrat. 2022. Forum Bahtsul Kutub Untuk Menumbuhkan Minat Belajar
Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Mukhlison Efendi, M. Ag.
Kata Kunci: Forum Bahtsul Kutub, Kitab Kuning, Santri, Pesantren
Penelitian ini di latar belakangi oleh uniknya sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Dimana Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlHasan Babadan Ponorogo merupakan pondok pesantren yang menyediakan program tahfidz alqur’an bagi para santrinya, sekaligus menyediakan program madrasah diniyah agar para santri
dapat mendalami berbagai cabang kitab kuning. Pada umunya suatu lembaga pesantren hanya
menekuni 1 bidang saja (tahfidz al-qur’an saja atau kitab kuning saja). Akan tetapi di Pondok
Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo menekuni 2 bidang disiplin ilmu
sekaligus yaitu tahfidz al-qur’an dan kitab kuning. Sebagai penunjang keberhasilan santri dalam
mempelajari kitab kuning, pengurus pondok mengadakan suatu kegiatan yang bernama Forum
Bahtsul Kutub (FBK) dimana di dalam nya membahas tentang metode membaca dan mempelajari
kitab kuning melalui ilmu nahwu dan ilmu shorof.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan metode yang digunakan dalam menerapkan
kegiatan Forum Bahtsul Kutub (FBK) untuk menumbuhkan minat belajar membaca kitab kuning
santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. (2) menguraikan
preblematika yang dihadapi dalam mengembangkan kegiatan Forum Bahtsul Kutub (FBK) di
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. (3) menguraikan hasil dari
kegiatan Forum Bahtsul Kutub (FBK) di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan
Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subjek
penelitian ini adalah pengurus madrasah, rois halaqah dan peserta forum bahtsul kutub. Dalam
teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kemudian, teknik dalam analisis data adalah reduksi data, disply data dan pengambilan
kesimpulan atau verifikasi, serta model analisis data yang digunakan peneliti adalah model
interaktif Miles dan Saldana.
Adapun hasilnya adalah (1) Forum Bahtsul Kutub di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlHasan Babadan Ponorogo menerapkan dua metode pembelajaran: (a) metode qiyasi (b) metode
istiqro’i (c) metode diskusi. (2) problematika yang dihadapi dalam mengembangkan kegiatan
Forum Bahtsul Kutub di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo terdapat 2
faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun yang menjadi faktor internal adalah: (a)
strategi pemasaran kurang menarik (b) durasi waktu kurang (c) fasilitas kurang memadai.
Sedangkan faktor eksternalnya adalah: (a) adanya pro dan kontra (b) kurangnya antusias dari santri
(c) banyak kegiatan yang bersamaan. (3) implikasi penerapan kegiatan Forum Bahtsul Kutub di
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo dirasakan oleh beberapa pihak,
yaitu peserta, ro’is kelompok dan pengurus osima. Adapun dampak yang dirasakan oleh peserta
adalah: (a) menghafal Al-Qur’an menjadi mudah (b) dapat memahami ilmu nahwu dan sharaf
secara detail (c) lebih menghargai waktu. Kemudian dampak yang dirasakan oleh ro’is kelompok
adalah: (a) ilmu menjadi manfaat bagi orang lain (b) membentuk jiwa kepemimpinan (c)
menumbuhkan sikap bijak dan toleransi (d) menjadikan semangat mengulang kembali ilmu yang
telah dipelajari. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh pengurus osima adalah: (a) menambah
wawasan tentang manajemen kegiatan (b) dapat mengetahui dan mengasah potensi/bakat santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:03
Last Modified: 11 Nov 2022 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20756

Actions (login required)

View Item View Item