PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK DI GRIYA AL-QUR’AN AL-MANAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Soniya, Cantika Mila (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK DI GRIYA AL-QUR’AN AL-MANAR PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180478_CANTIKA MILA SONIYA_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Soniya, Cantika Mila. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci:Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Menghafal Al-Qur’an merupakan sebuah bentuk penilaian akhir di Griya Al-Qur’an Al- Manar untuk mengetahui keberhasilan anak dalam belajar Al-Qur’an. Kemampuan anak di dalam menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lingkungan keluarga serta minat belajar. Jika di dalam lingkungan keluarga anak tidak terjadi pembiasaan untuk menghafal dan mencintai Al-Qur’an dengan baik maka akan berdampak pada kemampuan menghafal Al- Qur’an pada anak yang menurun. Pada minat belajar berlaku jika anak tidak memiliki minat belajar tinggi dalam menghafal Al-Qur’an maka kemampuan menghafal akan menurun. Fakta tersebut terjadi di TPQ Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo yang mana terdapat 12 dari 78 anak atau 15% yang masuk kategori nilai C yaitu berada dalam rentang nilai kurang dari 80 pada hasil penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2021/ 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo, (2) mengetahui signifikansi pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo, (3) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitiannya ex post facto yang datanya berupa angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak-anak didik di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo yaitu sejumlah 102 anak. Pada penelitian ini peneliti memilih teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang diperoleh 78 anak sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian di dapatkan (1) lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar. Berdasarkan analisis data thitung > ttabel diperoleh nilai thitung sebesar 8,132 dan ttabel 1,992. Serta diperoleh pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 46, 5% sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model atau tidak sedang diteliti. (2) minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghafal pada anak di Griya Al-Qur’an Al-Manar. Berdasarkan analisis data thitung > ttabel diperoleh nilai sebesar 9, 785 dan ttabel 1,992. Serta diperoleh pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menghafal Al- Qur’an sebesar 55, 7% sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model atau tidak sedang diteliti. (3) lingkungan keluarga dan minat belajar berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak di Griya Al-Quran Al-Manar. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel diperoleh nilai sebesar nilai Fhitung 64, 090 dan besar Ftabel 3,12. Serta diperoleh nilai lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap kemampuan menghafal Al- Qur’an yaitu sebesar 0,631. Besarnya prosentase pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 63, 1% sisanya 35, 9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model atau tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju’subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:00
Last Modified: 11 Nov 2022 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item