..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SURYA MANDIRI CABANG GANDU PONOROGO

Lina, Kurniasari (2022) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SURYA MANDIRI CABANG GANDU PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SURYA MANDIRI CABANG GANDU PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurniasari, Lina. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Baitul Maal wat Tamwil (Bmt) Surya Mandiri Cabang Gandu Ponorogo. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Segmentasi, Targeting, Positioning

Dalam pemasaran produk strategi pemasaran merupakan faktor penting untuk menarik minat nasabah. BMT Surya Mandiri Cabang Gandu Ponorogo merupakan lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan syariat Islam, guna untuk memfasilitasi masyarakat bawah yang membutuhkan dana dan tanpa proses yang lama. Dalam upaya mempertahankan eksistansi dengan lembaga lain, BMT Surya Mandiri Cabang Gandu Ponorogo harus mampu bersaing secara kompetitif. Adapun yang telah dilakukan BMT Surya Mandiri dalam hal pemasaran prodaknya dilakukan dengan cara promosi melalui brosur, sosialisasi, dan media elektronik terhadap masyarakat, akan tetapi hal tersebut tidak menarik minat nasabah untuk menggunakan prodak BMT Surya Mandiri. Jadi, permasalahan yang dihadapi BMT Surya Mandiri Cabang Gandu saat ini adalah dengan jumlah nasabah yang masih kurang. Hal ini terdapat data pembagian wilayah promosi nasabah yaitu di Kecamatan Mlarak, Sambit, Jetis, dan Siman. Adapun sebaran jumlah nasabah diwilayah tersebut kurang lebih mencapai 500 nasabah dari 4 kecamatan. 231 nasabah dari Kecamatan Mlarak, 143 nasabah dari Kecamatan Jetis, 87 nasabah dari Kecamatan sambit, dan 39 nasabah dari kecamatan siman. Maka peneliti tertarik utuk melakukan penelitian tentang analisis strategi pemasaran dengan segmentasi, targeting dan positioning dalam meningkatkan jumlah nasabah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Surya Mandiri Cabang Gandu Ponorogo.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan. Untuk data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi segmentasinya adalah pembagian wilayah promosi nasabah yaitu di Kecamatan Mlarak, Sambit, Jetis, dan Siman. 2) Strategi targeting BMT Surya Mandiri memiliki kiat dalam merespon nasabah mengacu pada karakter dan respon baik para nasabah tentang produk yang ada di BMT. 3) Strategi positioning BMT Surya Mandiri menjaga image brand name agar dipercaya nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:58
Last Modified: 11 Nov 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item