Konsep Metode Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim

Kholisoh, Siti Mahmudah (2022) Konsep Metode Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI MAHMUDAH KHOLISOH 203180114.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kholisoh, Siti Mahmudah. 2022. Konsep Metode Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah Institute Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Zubaidi, Lc., M.Pd.

Kata kunci: Metode, Pembelajaran, Ta’lim Muta’alim,

Syekh Az- Zarnuji merupakan seorang ulama atau cendikiawan muslim yang memiliki pemikiran etika dalam mengajar. Kitab Ta'lim Muta'allim adalah kitab yang cukup terkenal dan menjadi acuan di kalangan pondok pesantren. Pemikiran Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta'lim Muta'allim memuat adab-adab dalam pendidikan tentang akhlak belajar siswa dan karakter guru Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan untuk mendeskripsikan relevansi pemikiran az-Zarnuji tentang metode pembelajaran dalam metode pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di dalam penelitian ini untuk mengetahui pemikiran Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta'lim Muta'allim tentang metode pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Liberary research). Obyek penelitiannya yang diambil melalui beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, skripsi dan dokumen). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidikinya. teknik pengumpulan data yaitu menganalisis data yang kemudian disimpulkan.
Penelitian mengungkapkan temuan terkait metode belajar yang terdapat di dalam Kitab Ta'lim Muta'allim adalah: pertama, metode etik Meliputi: a. Niat belajar, b. Memilih guru, c. Memilih ilmu d. Memilih teman, e. Urutan dan ukuran belajar, f. Tantangan dan kesulitan. Kedua, Metode bersifat strategi meliputi: a. Kesungguhan, menghafal, berdiskusi, memecahkan masalah, b. Pengulangan dan kontinu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Zubaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:57
Last Modified: 11 Nov 2022 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20741

Actions (login required)

View Item View Item