..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI KRESNA MLILIR MADIUN

HIDAYAT, NUR (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI KRESNA MLILIR MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180214_NURHIDAYAT_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hidayat, Nur. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Kresna Mlilir Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Quantum Learning, dan Hasil Belajar
Pembelajaran di MI Kresna Mlilir Madiun masih banyak menggunakan model pembelajaran model ceramah atau kontekstual serta kurang melibatkan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik kelas V terutama pada pembelajaran IPA masih rendah, peserta didik tidak mampu mengasah kemampuannya, seperti mengidentifikasi sebuah permasalahan dan menganalisis permasalahan tersebut, Sehingga hasil belajar peserta didik tidak maksimal. Untuk meningkatkan hasil belajar peserat didik peneliti menggunakan model pembelajaran Quantum leraning, yaitu model pembelajaran menyenangkan dengan memberikan kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan implementasi model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V A MI Kresna Mlilir Madiun tahun 2021/2022, (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatan hasil belajar IPA kelas V A siswa MI Kresna Mlilir Madiun Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan melakukan 3 siklus dengan di setiap siklusnya terdapat 4 tahap, yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V A yang terdiri dari 22 peserta didik. Sumber data diperoleh dari peserta didik dan pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis hasil belajar menggunakan tes yaitu dengan Pre- test dan Post- test.
Berdasarkan data yang sudah didapatkan bahwa (1) pelaksanaan model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada siklus I Menganalisis gambar tentang zat tunggal dan campuran, pada Siklus II menganalisis zat tunggal dan campuran dengan pratek diskusi, dan Siklus III mengelompokkan zat tunggal dan campuran dengan diskusi. (2) Penerpana model pembelajaran quantum learning sudah mengalami peningkatan, dengan hasil belajar siswa kelas V A pada metari IPA MI Kresna Mlilir selama 3 siklus. pada siklus I dengan dua kali pertemuan memperoleh rata-rata Pre-test 68,42 dengan ketuntasan belajar 31,57% dan Post-test 72,10 dengan ketuntasan belajar 47,36% dengan 19 peserta didik. Sedangkan pada proses siklus II juga mengalami peningkatan dibandingakan dengan siklus pertama dengan memperoleh rata-rata Pre-test 78,33 dengan ketuntasan belajar 72,22% dan Post-test 81,11dengan ketuntasan 66,66% dengan 18 peserta didik. Selanjutnya pada siklus III juga mengalami peningkatan yang signifikan dibandikan dengan siklus pertama dan kedua dengan memperoleh rata-rata pada Pre-test 82,63 dengan ketuntasan 100% dan Post-test.87,89 dengan ketuntasan 100% dengan 19 peserta didik. hal tersebut memanandakan bahwa sudah berhasilnya penerapan model quantum learning melalaui metode TANDUR pada Mata peajaran IPA kelas V A MI Kresna Mlilir Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:21
Last Modified: 10 Nov 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item