PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI TOKOH& ALIRAN ILMU KALAM SISWA KELAS XI IPS MA MUHAMADIYYAH 2 YANGGONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Saraswati, Novira (2022) PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI TOKOH& ALIRAN ILMU KALAM SISWA KELAS XI IPS MA MUHAMADIYYAH 2 YANGGONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
20118095_NOVIRA SARASWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saraswati, Novira. 2022.Penerapan Metode Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Tokoh & Aliran Ilmu Kalam Siswa KELAS XI IPS MA Muhamadiyyah 2 Yanggong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci:Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Aliran Ilmu Kalam.
Pada zaman saat ini guru dituntut untuk kreatif dan harus memiliki seperangkat pengetahuan dan ketrampilan dalam mengajar. Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen peting yang berpengaruh untuk menunjang keberhasilan proses belajar salah satunya metode pembelajaran, apabila pengajar tidak kreatif serta inovatif dalam mengajar ini berakibat pada keaktifan antusias dan hasil belajar siswa yang menurun. Agar siswa dapat lebih antusias dan aktif dalam belajar, maka harus ada perubahan dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan metode Crossword Puzzle. Crossword Puzzle adalah metode pembelajaran dimana merupakan salah satu penerapan model pembelajaran aktif, dimana memungkinkan siswa akan selalu aktif dan berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran.Dengan menggunakan metode Crossword Puzzle ini diharapkan penguatan kompetensi pengetahuan siswa dapat berkembang baik mengenai suatu pengetahuan dalam mata pelajaran Tokoh dan Airan Ilmu Kalam. Dari hasil yang telah diamati dan observasi peneliti saat pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran masih cenderung dengan menggunakan metode berceramah. Berakibat siswa pasif dan tidak bersemangat sehingga siswa tidak memilki keantusiasan dalam mengikuti pembelajaran hal tersebut berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa menurundan tidak maksimal.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keaktifan belajar dengan menerapkan serta melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Crossword Puzzle di MA Muhamadiyyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan serta melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode crossword puzzle di MA Muhamadiyyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Tahap – tahap urutan kegiatan penelitian ada 4 yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian dari menggunakan penerapan metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak materi Tokoh & Aliran Ilmu Kalam siswa kelas XI IPS MA Muhamadiyyah 2 Yanggong dengan sangat baik. Terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan presentase hasil belajar yang terus meningkat. Pada Pra siklus nilai keaktifan mencapai 70,29% dan hasil belajar 64,70%. Kemudian pada Siklus I dengan presentase keaktifan 74,11% dan hasil belajar 76,47%. Siklus II dengan presentase dari keaktifan dan hasil belajar 80% mampu meraih nilai diatas rata-rata. Dengan demikian kegiatan pembelajaran disetiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:19
Last Modified: 10 Nov 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item