..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENURUT TEORI BRUNER DI SDN NGRAMBE 3 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Arum, Chintya Nindi (2022) ..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENURUT TEORI BRUNER DI SDN NGRAMBE 3 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180026 CHINTYA NINDI ARUM SKRIPSI pgmi pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Arum, Chintya Nindi 2022. Analisis Kesulitan
Belajar Matematika Siswa Kelas III Menurut Teori Bruner di SDN Ngrambe 3 Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi M.Si.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Matematika,
Pandemi Covid-19
Kesulitan belajar matematika yang terjadi pada seorang siswa pada umumnya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Pada masa pandemi covid-19 terdapat dua faktor yang dapat menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal berasal dari dalam diri dalam diri siswa meliputi kesehatan, intelegensi, dan minat. Factor eksternal disebabkan adanya faktor keluarga seperti ditinggal kerja oleh orang tuanya, kurang perhatian oleh orang tua
adapula siswa yang harus ada perhatian khusus dari guru untuk dapat memahami konsep belajar matematika. Selain itu ada juga faktor lingkungan dimana pada lingkungan yang tidak kondusif akan memberikan pengaruh belajar siswa.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian studi kasus. Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai pelaku utama dalam mengetahui dan menentukan hasil dari penelitian. Dalam penelitian ini peneliti memilih lokasi di SDN Ngrambe 3, Kabupaten Ngawi.
Adapun tujuan dalam penelitian ini berdasarkan masalah
yang telah disebutkan adalah untuk mengetahui kesulitan belajar
matematika siswa kelas III di SDN Ngrambe 3 pada masa pandemi Covid-19, dan faktor-faktor kesulitan belajar matematika yang ditinjau dari teori Bruner.
Berdasarkan analisis data siswa kelas III di SDN Ngrambe 3 sebagai subyek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes IQ yang diperoleh siswa. Untuk hasil kesulitan belajar siswa, subyek dipilih hanya 4 siswa saja berdasarkan hasil tes IQ tinggi, rendah dan sedang yang dimiliki siswa. Dalam penelitian wawancara siswa kesulitan belajar matematika mungkin bisa diatasi dengan menggunakan teori Bruner dengan model free discovery learning atau penemuan bebas yang berkaitan dengan konsep belajar siswa. Dari teori ini siswa harus mengutamakan konsep belajar terlebih dahulu. Dalam memahami konsep belajar, guru kelas harus mengajarkan materi sesuai pemahaman anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOFWAN HADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:19
Last Modified: 10 Nov 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20735

Actions (login required)

View Item View Item