..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun)

Fathmah, Zaida Rizqi Nur Khoiriya (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180069 Zaida Rizqi Nur K. F. MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fathmah, Zaida Rizqi Nur Khoiriya. 2022. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Perencanaan, Penerapan, Evaluasi, Mutu Pendidikan
Peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang harus difikirkan oleh masing-masing lembaga pendidikan agar pendidikan lembaga tersebut terus berjalan dengan semestinya. Tidak sedikit sekolah yang terpaksa ditutup karena tidak dapat mencapai batas minimal murid yang didapat setiap tahunnya. Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun memiliki program khusus keterampilan APHP dan elektronika sebagai penunjang minat, bakat serta prestasi siswanya. Pada masa pandemi-new normal tidak menutup semangat pihak Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun dalam menjadikan siswanya berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya beberapa kejuaraan yang telah diterima oleh siswanya. Oleh karena itu, pengelolaan strategi yang tepat dapat membawa madrasah lebih unggul.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perencanaan strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 3 Madiun, (2) mengetahui penerapan strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 3 Madiun, (3) mengetahui evaluasi strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Kebasahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi MAN 3 Madiun dibuat dalam jangka panjang yakni 5 tahun. Perencanaan ini disebut RENSTRA (rencana strategi). Rencana strategi dibuat atas keputusan kepala madrasah MAN 3 Madiun nomor 29 dan nomor 30 tahun 2020-2024. Rencana Strategi dibuat berdasarkan hasil evaluasi pada tahun sebelumnya sehingga terbentuklah indikator kinerja utama (IKU) sebagai pedoman madrasah dalam mencapai target visi, misi, dan tujuan madrasah yang telah ditetapkan. (2) Penerapan/implementasi strategi pada rencana strategi adalah kegiatan yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun berpacu dari indikator kinerja utama yang telah disepakati pada rencana strategi dan didukung dengan rencana kerja tahunan madrasah yang disusun setiap tahunnya. (3) Evaluasi strategi yang dilakukan madrasah negeri 3 madiun adalah pelaporan capaian kegiatan dan laporan kinerja. Pada capaian kegiatan, MAN 3 Madiun menjabarkannya dalam 8 SNP capaian kegiatan yang dilakukan beserta kekurangan/kelemahannya. Sedangkan dalam laporan kinerja dilakukan 4 kali dalam setahun (triwulan). Dari seluruh capaian kinerja dapat tercapai presentase sebanyak 97,12%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:17
Last Modified: 10 Nov 2022 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item