..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 PAGERUKIR SAMPUNG PONOROGO

Yohana, Dina Lucky (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 PAGERUKIR SAMPUNG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180034_DINA LUCKY YOHANA_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yohana, Dina Lucky. 2022. Srategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Pagerukir Sampung Ponorogo. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, RPP Tematik, Metode dan Media Tematik

Strategi kepala sekolah harus mampu memonitori semua kegiatan yang ada di sekolah khususnya kegiatan belajar mengajar. Di SD Negeri 1 Pagerukir terdapat guru yang belum sepenuhnya melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan RPP tematik, sehingga guru kesulitan menerapkan metode karena guru hanya terpaku pada penyampaian materi saja sehingga masih dominan dengan metode ceramah, dan guru tidak menggunakan media pembelajaran tematik. Oleh karena itu, kepala sekolah berupaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran tematik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menyusun RPP tematik, (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menerapkan metode, (3) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menggunakan media pembelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menyusun RPP tematik adalah kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti kegiatan workshop atau upgrading mengenai implementasi kurikulum 2013 yang membahas penyusunan RPP tematik, memotivasi guru untuk melanjutkan S2 sesuai dengan bidangnya, memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti PPG dan KKG, dan memberi motivasi untuk melaksanakan studi banding ke sekolah lain yang lebih maju sehingga guru dapat terampil menyusun RPP tematik yang sesuai dengan prinsip-prinsip RPP tematik (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menerapkan metode pembelajaran tematik yaitu memberikan arahan kepada guru untuk mengelola metode sesuai dengan tahapan KBM tematik mulai dari tahap apersepsi, penyampaian informasi, partisipasi siswa, dan penutup sehingga dapat meningkatkan kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik (3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru menggunakan media pembelajaran tematik dengan cara memberikan arahan kepada guru untuk menggunakan media menyesuaikan materi yang akan diajarkan dan mengacu pada kompetensi dasar, karakteristik peserta didik, dengan memperhatikan situasi kondisi sekolah sehingga dalam penggunaan media pembelajaran tematik ini dapat menunjang keberhasilan dalam KBM sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:08
Last Modified: 09 Nov 2022 08:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item