Dampak Pernikahan Dini Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga (Studi Kasus Di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun)

Nurrohmah, Sinta (2022) Dampak Pernikahan Dini Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga (Studi Kasus Di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180103_SINTA NURROHMAH_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurrohmah, Sinta. 2022. “Dampak Pernikahan Dini Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga (Studi Kasus di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun)” Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anis Hidayatul Imtihanah, M.H.I.
Kata kunci/keyword:Psikologi Keluarga, Pernikahan Dini, Keutuhan Rumah Tangga.
Dalam sebuah pernikahan, pemerintah telah menentukan batas usia minimal pernikahan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Pernikahan yang ideal adalah ketika kedua pasangan sudah memenuhi kriteria batas usia minimal perkawinan, tetapi apabila pasangan tersebut belum cukup umur untuk melangsungkan pernikahan maka dapat melakukan permohonan dispensasi nikah pada Pengadilan Agama setempat. Faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan dini mayoritas adalah hamil di luar nikah, hal ini bisa terjadi karena pergaulan bebas serta lemahnya iman seseorang. Menurut Psikologi Keluarga pernikahan di bawah umur rentan mengalami sebuah konflik, karena pasangan yang menikah di bawah umur dinilai belum cukup matang dalam pengendalian emosional.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga terhadap pemenuhan kewajiban dan tanggung jawab dalam keluarga pasangan di bawah umur? (2) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga terhadap upaya menjaga keutuhan rumah tangga pasangan di bawah umur?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Psikologi Keluarga.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Pertama, kewajiban dan tanggung jawab antara suami dan istri dalam sebuah rumah tangga belum sepenuhnya terpenuhi, hal ini karena kedua pasangan belum menerapkan aspek-aspek psikologi dengan baik, seperti halnya prasangka, emosi maupun belajar sosial. Kedua, rumah tangga pasangan di bawah umur sering terjadi konflik karena masalah sepele, hal ini disebabkan oleh pengendalian emosi yang belum matang, kepribadian yang belum dewasa dan belum memahami belajar sosial yang benar. Sehingga ketika terjadi perdebatan dalam rumah tangga pasangan di bawah umur mereka lebih berdiam diri dan tidak saling sapa, namun nasihat dari orang tua sangat berpengaruh dalam upaya mendamaikan rumah tangga mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:07
Last Modified: 09 Nov 2022 08:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item