...(PERBAIKI SCAN FULL SATU LEMBAR PADA FORM BERTTD, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB), UPLOAD ULANG)...RUMAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)

Arba'i, Wahlul (2022) ...(PERBAIKI SCAN FULL SATU LEMBAR PADA FORM BERTTD, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB), UPLOAD ULANG)...RUMAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI RUMAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN KAJIAN TAFSIR TEMATIK WAHLUL ARBA'I.docx

Download (1MB)

Abstract

Rumah merupakan satu di antara tiga kebutuhan primer manusia, yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupan manusia. Kebutuhan tersebut mengakibatkan munculnya banyak ladang bisnis dalam bidang properti pada zaman sekarang. Umat Islam sebagai kaum mayoritas di Indonesia ini tentunya memposisikan rumah sebagai tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tetapi pada faktanya kebanyakan kaum muslimin hanya menjadikan rumah sebagai tempat menyimpan barang, sebagai gaya hidup, tempat tidur, dan kasta sosial. Hal tersebut di dasari dari minimnya pengetahuan tentang makna rumah serta fungsi-fungsi rumah baik secara fisik maupun psikis.

Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terminologi rumah dalam al-Qur’an dan maknanya (2) fungsi rumah secara fisik menurut al-Qur’an. (3) fungsi rumah secara psikologi menurut al-Qur’an.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penullis menggunakan observasi sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan teori psikologi dari Dzakiah dan dan teori fungsi rumah dari Hermin Wardiningsih.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama terminologi rumah menurut al-Qur’an yaitu bayt, maskan, dar, ma’wa, mustaqrran, dan munzil. Kata bayt digunakan al-Qur’an untuk mengungkapkan makna tempat tinggal yang dinisbahkan kepada manusia. Kata maskan digunakan untuk menunjukkan makna tempat tinggal yang di dalamnya dapat digunakan untuk tempat bernaung dan berlindung. Kata ma’wa berarti tempat kembali, kata ini digunakan untuk menunjuk kepada dua tempat (berkumpul) manusia di akhirat kelak, yaitu surga dan neraka. Mustaqarran mengandung makna menetap yang bersifat kekal. Kata Munzal digunakan untuk menunjukan makna turun, tinggal, menetap. sedangkan rumah menurut fungsinya dibagi menjadi dua yaitu fungsi secara fisik dan fungsi secara psikis. Fungsi secara fisik dalam al-Qur’an berkenaan dengan rumah sebgai hunian, rumah sebagai mediasi, dan rumah sebagai sebagai wadah sosial. Sedangkan fungsi rumah secara psikis berkenaan dengan rumah sebagai sarana memperoleh kasih sayang dan rasa aman, rumah sebagai sarana pendidikan, dan rumah sebagai sarana menggapai cita-cita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Alwy Amru G
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:49
Last Modified: 09 Nov 2022 00:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item