PERANAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DESA BANGSALAN KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO (Studi Deskriptif Pada Ibu Pengrajin Tas Anyaman)

'Ainur Rofiq, Ridho (2022) PERANAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI DESA BANGSALAN KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO (Studi Deskriptif Pada Ibu Pengrajin Tas Anyaman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ridho 'Ainur Rofiq_093648.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, akan tetapi mempunyai pengaruh bagi bangsa dan negara. Dari keluargalah akan generasi penerus yang akan meneruskan nasib bangsa. Apabila keluarga dapat menjalankan fungsi dengan baik, maka akan memungkinkan tumbuh generasi yang berkualitas dan dapat diandalkan yang akan menjadi pilar-pilar kemajuan bangsa. Sebaliknya bila keluarga tidak dapat berfungsi dengan baik, bukan tidak mungkin akan menghasilkan generasi-generasi yang bermasalah dapat menjadi beban sosial masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya Ibu dalam mewujudkan keluarga yang penuh kasih sayang untuk membentuk keluarga sakinah, (2) Untuk mengetahui prinsip Ibu dalam mewujudkan keluarga sakinah. Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif partisipatoris menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menyusun data yang telah diperoleh kemudian mengorganisasikan kedalam pola serta membuat kesimpulan yang mudah dipahami. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan (1) Upaya dalam mewujudkan keluarga sakinnah para ibu rumah tentunya berbeda-beda, salah satunya adalah dengan memberikan perhatian khusus pada anak-anak dan suami. (2) Diketahui prinsip ibu dalam mewujudkan keluarga sakinah antara lain menjaga keharmonisan rumah tangga dengan menghormati suami sebagai kepala keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:59
Last Modified: 07 Nov 2022 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item View Item