Tradisi Manggulan di Desa Sogo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Perspektif Maslahah Mursalah

Maisaroh, Anis Sarifatul (2022) Tradisi Manggulan di Desa Sogo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Perspektif Maslahah Mursalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180128_ANIS SARIFATUL M._HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maṣlaḥah al-Mursalah. merupakan segala sesuatu yang sesuai dengan syara’ dan tidak ada dalil yang menolak atau membenarkannya. Peristiwa ini terjadi pada masyarakat Dusun Cabe, Desa Sogo dimana dalam sebuah hajatan pernikahan mereka melakukan tradisi manggulan. Manggulan merupakan rangkaian tradisi yang dilakukan oleh orang yang akan menyelenggarakan hajat pernikahan untuk mencegah turunnya hujan saat acara berlangsung dan untuk mencegah sia-sianya harta saat hajatan berlangsung. Namun dalam hal ini terdapat dua perbedaan pandang, seperti adanya kemaslahatan di balik tradisi manggulan dan adanya nilai menyekutukan Allah, karena menurut mereka hal ini tidak diajarkan di dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perspektif maṣlaḥah mursalah terhadap pelaksanaan tradisi manggulan dalam hajatan pernikahan di Desa Sogo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun? Bagaimana perspektif maṣlaḥah mursalah terhadap tujuan tradisi manggulan dalam hajatan pernikahan di Desa Sogo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun?
Adapun jenis penelitian adalah jenis penelitian lapangan dan penelitian kualitatif, karena penelitian ini berupa kata-kata bukan angka yang diperoleh dari tindakan observasi dan wawancara. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan normatif yang diawali dengan norma-norma al-Qur’an dan al-Hadis. Adapun penelitian ini menggunakan tiga tahapan analisis yaitu kodifikasi data, penyajian data dan penarikan keesimpulan.
Dari analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tradisi manggulan di Desa Sogo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun menurut ada dan tidak adanya nas{s} bagi mayoritas masyarakat termasuk ke dalam mas}lah}ah mursalah}{. Namun ada satu masyarakat yang menganggap tradisi ini masuk ke dalam maslahah mulgah. Sedangkan ketika dilihat dari tingkat maqa>s}id al- shari’ah tujuan tradisi manggulan bagi mayoritas masyarakat yang mempercayainya masih dalam bingkai shara’ yang memiliki kaitannya dengan hifz} al-ma>l (menjaga harta benda) dan hifz} al-nafs (memelihara jiwa). Hal ini juga digolongkan ke dalam mas}lah}ah h}aj>iya>h bagi mayoritas masyarakat yang menerimanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:50
Last Modified: 07 Nov 2022 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item