Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Alih Jasa Servis Handphone Antar Konter di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan

Indriyana, Inna (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Alih Jasa Servis Handphone Antar Konter di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180053_INNA INDRIYANA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Indriyana, Inna, 2022. TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK ALIH JASA SERVIS HANDPHONE DI KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.

Kata kunci/keywords: Alih Jasa, Pertanggungjawaban, Upah.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Disinilah Islam menganjurkan kepada umatnya untuk bermuamalah dalam hal kebaikan. Salah satu yang termasuk bermuamalah dalam islam adalah waka>lah bi>l u>jra>h. waka>lah bi>l u>jra>h juga dilakukan oleh konter-konter yang ada di Kecamatan Takeran kabupaten Magetan. Penggunaan handphone adalah suatu kebutuhan primer. Sehingga banyak konter yang juga menyediakan jasa servis. Banyak pengguna handphone yang memilih menservis handphonenya daripada membeli yang baru. Namun dari banyaknya pelanggan terkadang menjadi faktor bagi konter untuk melakukan pengalihan jasa.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui: 1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap akad alih jasa servis handphone antar konter di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap sistem upah pada transaksi alih jasa servis handphone antar konter di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan? 3) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap tanggungjawab alih jasa servis handphone antar konter di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan?

Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.

Dari penelitian yang dilakukan di dua tempat yaitu konter Maxstore dan Khaka Phone dapat ditarik kesimpulan bahwa akad alih jasa servis handphone di Maxstore tidak sah karena tidak memenuhi syarat dari wakalah bil ujrah. Sedangkan di konter Khaka Phone telah sesuai dengan Hukum Islam yaitu telah terpenuhinya rukun dan syarat dari akad waka>lah bi>l u>jra>h. Praktik sistem upah di konter Maxstore tidak sesuai dengan syariat islam, karena Maxstore melakukan penundaan pembayaran. Sedangkan praktik sistem upah di Khaka Phone diperbolehkan dalam Hukum Islam karena telah sesuai dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:26
Last Modified: 07 Nov 2022 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item