Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Melalui Program Kepramukaan di SMK PGRI 2 Ponorogo

Ramdhani, Fajar Dimas (2022) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Melalui Program Kepramukaan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180091_FAJAR DIMAS RAMDHANI_MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ramdhani, Fajar Dimas. 2022. Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Melalui Program Kepramukaan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Keterampilan, Kepramukaan
Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Di zaman modern ini, pendidikan menjadi hal yang menentukan prestasi dan produktivitas manusia di semua bidang kehidupan. Tersedianya sumber daya manusia yang kompeten merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam pembangunan nasional khususnya dalam penurunan angka pengangguran di Indonesia. Tingginya tingkat pengangguran merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan memperhatikan permasalahan di atas dan mempertimbangkan peran sekolah sebagai salah satu tempat anak-anak dan remaja mengembangkan keterampilannya, maka perlu adanya pengelolaan yang baik terhadap anak-anak dan remaja yang menjadi siswa di suatu lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan bagi para siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan tersebut adalah kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya ekstrakurikuler pramuka.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa perencanaan pengembangan keterampilan siswa melalui program kepramukaan. (2) Menganalisa pelaksanaan pengembangan keterampilan siswa melalui program kepramukaan. (3) Menganalisa faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam pengembangan keterampilan siswa melalui program kepramukaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa: (1) Perencanaan pengembangan keterampilan siswa melalui program kepramukaan diawali dengan menganalisis kebutuhan para siswa-siswinya. Kebutuhan keterampilan yang dimiliki siswa SMK meliputi 2 hal, yaitu hard skills yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar sesuai dengan fokus jurusan masing-masing, dan juga soft skills yang dapat diperoleh dari berbagai macam kegiatan, salah satunya kegiatan kepramukaan. (2) Pelaksanaan pengembangan keterampilan siswa dilaksanakan sesuai masing-masing tingkatan. Kelas X diwajibkan untuk menyelesaikan SKU Penegak Bantara dan Laksana, Kelas XI diwajibkan untuk menyelesaikan minimal satu SKK Penegak, dan Kelas XII diwajibkan untuk membuat kegiatan kemasyarakatan atau hasil karya yang memiliki nilai fungsi dan nilai jual. Kegiatan kepramukaan di SMK dapat mengembangkan beberapa soft skills antara lain keterampilan memimpin sebuah tim, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, keterampilan dalam bekerja sama dengan tim, keterampilan sosial, komunikasi, dan kemandirian. (3) Faktor yang menjadi pendukung pengembangan keterampilan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah lengkapnya sarana prasarana pramuka yang ada di SMK PGRI 2 Ponorogo dan dukungan penuh dari sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa yang tidak suka dengan adanya kegiatan pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:29
Last Modified: 04 Nov 2022 08:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item View Item