Penggunaan YouTube dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman di Kalangan Remaja Dusun Pucanganom Desa Kendal Kabupaten Ngawi

Awwali, Irvan Kurnia (2022) Penggunaan YouTube dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman di Kalangan Remaja Dusun Pucanganom Desa Kendal Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Irvan Kurnia Awwali 302180024 KPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Irvan Kurnia Awwali. 2022. Penggunaan YouTube Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman di Kalangan Remaja Dusun Pucanganom Kendal. Skripsi .Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M. A.
Kata Kunci:, YouTube, Kebutuhan Informasi, Keislaman, Remaja.
Penelitian ini di latar belakangi oleh hadirnya media sosial mengubah perilaku komunikasi terutama remaja yang masih transisi dari usia remaja menuju usia dewasa. Informasi islami sesuai ajaran atau syariat islam sangat diperlukan bagi usia remaja muslim salah satunya remaja Dusun Pucanganom Desa Kendal, agar memiliki kepribadian dan pola pikir yang baik untuk menjadi bekal saat usia dewasa. Sebagai salah satu media pemenuhan informasi, YouTube memiliki banyak channel informasi di dalamnya, sehingga dengan banyaknya informasi di YouTube penggunanya dapat mencari berbagi informasi secara cepat dan luas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan YouTube, apa saja motif penggunaan YouTube, dan bagaimana pemenuhan kebutuhan individual pada kalangan remaja dalam memenuhi kebutuhan informasi keislaman melalui YouTube di Dusun Pucanganom Desa Kendal. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data, mengkategorikannya ke dalam kategori tertentu, dan menggambarkan serta menafsirkan data yang diperoleh dari wawancara atau percakapan, cerita, pengamatan, dan dokumen umum.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat penggunaan YouTube di kalangan remaja Dusun Pucanganom Desa Kendal berdasarkan alasan kemudahan penggunaan YouTube, informasi keislaman yang tersedia di cukup banyak, serta didukung fitur yang lengkap dan menarik di Youtube. Motif remaja Dusun Pucanganom Kendal dalam penggunaan YouTube terdapat temuan berupa motif informasi pencarian informasi keislaman seperti melihat pengajian dan informas tentang baca tulis huruf hijaiyah dan pegondengan benar. Motif identitas pribadi cara untuk memperkuat nilai-nilai pribadi tentang pemahaman keislaman. Motif integrasi dan interaksi sosial menfaatkan fitur komentar di Youtube untuk berinteraksi dan tanya jawab antar pengguna YouTube maupun mengapresiasi kreator video. Motif hiburan keinginan mencari atau mendapatkan hiburan atau kesenangan seperti mendengarkan syair sholawat dan lagu religi. Kemudian Kebutuhan individual terdapat temuan berupa kebutuhan kognitif dalam mencari informasi dan pengetahuan keislaman untuk memuaskan kebutuhan yang diinginkan, kebutuhan afektif yang timbul terkait dengan perasaan pengguna saat melihat infromasi keislaman, integrasi pribadi berkitan menambah wawasan keislaman diri, integrasi sosial yang timbul berkaitan dengan teman, keluarga, dan orang banyak, dan kebutuhan berkhayal yang timbul dari keiinginan untuk mendapatkan hiburan seperti melihat syair sholawat dan lagu-lagu religi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:14
Last Modified: 04 Nov 2022 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item