POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENCEGAH KEBIASAAN MEROKOK REMAJA DI DUSUN KRAJAN DESA NGRUPIT KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Saputra, Noften Aditya (2022) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENCEGAH KEBIASAAN MEROKOK REMAJA DI DUSUN KRAJAN DESA NGRUPIT KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Noften Aditya Saputra 302180132 KPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saputra, Noften Aditya. 2022. Pola Komunikasi Orang Tua dalam Mencegah Kebiasaan Merokok Remaja di Dusun Krajan Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M. A.
Kata kunci: Pola Komunikasi, Orang tua, Merokok Remaja
Perilaku merokok dikalangan remaja sekarang bukanlah hal yang baru lagi, tidak jarang menemukan remaja yang masih mengenakan seragam sekolahnya, baik SMP, maupun SMA merokok bersama temannya ataupun sendiri. Dari 4-5 orang perokok berkeinginan untuk berhenti merokok. Dari banyaknya cara remaja untuk berhenti merokok salah satunya yaitu dari pengaruh orang tua dalam memberi bimbingan maupun motivasi terhadap anaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi orang tua dengan remaja di Dusun Krajan Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan orang tua dalam mencegah kebiasaan merokok remaja di Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan prosedur pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pola komunikasi yang dilakukan oleh komunikator atau orang tua rata-rata di Dusun Krajan Desa Ngrupit menggunakan komunikasi satu arah ditemukan pada keluarga yang lingkungan sosial sekitarnya memiliki dinamika perokok aktif yang banyak. (2) langkah preventif yang dilakukan orang tua yang pertama, pemberian arahan secara lisan, kedua pemberian arahan secara simbolik. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa beberapa pola komunikasi diatas dan juga langkah-langkah preventif yang dilakukan orang tua berasil memberi bimbingan kepada remaja di Dusun Krajan Desa Ngrupit. Dan cara yang paling bagus dan efektif yaitu pola komunikasi satu arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:12
Last Modified: 04 Nov 2022 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item