...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...STRATEGI PROMOSI PRODUK FINANCING UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELAKU USAHA MIKRO DALAM MENGAMBIL FASILITAS PEMBIAYAAN DI BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO

Nugroho, Wisnu Aji (2022) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...STRATEGI PROMOSI PRODUK FINANCING UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELAKU USAHA MIKRO DALAM MENGAMBIL FASILITAS PEMBIAYAAN DI BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak
Nugroho, Wisnu Aji. Strategi Promosi Produk Financing Untuk Meningkatkan Minat Pelaku Usaha Mikro Dalam Mengambil Fasilitas Pembiayaan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Pembiayaan Usaha Mikro.

BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo sebagai salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang mempunyai tugas penting dalam menyalurkan pembiayaan kepada nasabah. Salah satu pembiayaan yakni Pembiayaan Usaha Mikro. Pembiayaan ini telah ada sejak tahun 2019, pembiayaan usaha mikro menyediakan berbagai kemudahan kepada nasabah seperti pembiayaan tanpa jaminan, pencairan cepat, dan juga mekanisme yang mudah, promosi yang dijalankan bank sudah baik, akan tetapi jumlah peningkatan nasabah sampai saat ini sangat sedikit.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi promosi produk financing untuk pelaku usaha mikro, mengetahui kendala dan penyelesaian saat melaksanakan strategi promosi produk financing untuk pelaku usaha mikro, serta untuk mengetahui dampak strategi promosi produk financing dalam meningkatkan minat pelaku usaha mikro. Peneliti menggunakan metode field research, dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian beralamatkan Jl. Sultan Agung No.47,Bangunsari, Nologaten, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63419.
Dari penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan Strategi promosi telah dilaksanakan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo masih belum sesuai dengan teori strategi promosi karena BPRS tidak menggunakan promosi melalui publisitas. Kendala promosi yang terjadi di BPRS Mitra Mentari Sejahtera sesuai dengan teori dimana dibuktikan bahwa kendala promosi yang terjadi meliputi kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) pemasaran yang kompeten maka penyelesaian dengan training, kurangnya pemahaman nasabah mengenai sistem perbankan syariah maka penyelesaian dengan sering diadakan sosialisasi dan edukasi, Persaingan antar bank konvensional maupun bank syariah maka penyelesaian dengan cara memberikan harga yang bersaing dan diskon kepada nasabah. Dampak strategi promosi yang telah dijalankan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo telah sesuai dengan teori promosi. Hal tersebut dibuktikan bahwa dengan adanya promosi yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo membuat nasabah meningkat walau hanya sedikit serta BPRS semakin dikenal luas oleh masyarakat di kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:09
Last Modified: 04 Nov 2022 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20675

Actions (login required)

View Item View Item