PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGRUPIT PONOROGO

Alfiani, Erlita (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGRUPIT PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180165_ERLITA ALFIANI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alfiani, Erlita. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning

Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada peserta didik yang ditandai dengan perubahan nilai baik dari nilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil belajar meningkat jika peserta didik aktif dan memperhatikan guru selama kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar yang tidak mencerminkan keaktifan siswa akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang lebih mengedepankan praktek, Jadi peserta didik memiliki pengalaman secara langsung dan materi yang didapatkan lebih bisa diterima oleh peserta didik. Penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan belajar di kelas sangat mempengaruhi nilai yang didapatkan peserta didik. Seperti halnya di MI Ma’arif Ngrupit memiliki standar nilai KKM yang harus dicapai peserta didik. Namun kenyataannya banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal itu disebabkan karena guru masih menggunakan metode konvensional ketika proses pembelajaran. Guru lebih banyak menggunakan ceramah untuk menjelaskan materi. Hal ini tentu membuat peserta didik cepat merasa bosan sehingga tidak fokus dalam belajar dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik melakukan pembelajaran secara langsung, jadi tidak hanya teori saja yang diperhatikan namun lebih ke praktek secara langsung. Salah satu model yang bisa digunakan yaitu model Project Based Learning.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan II siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit yang berjumlah 25 peserta didik.
Dari analisis data yang didapat, ditemukan pada pra siklus peserta didik yang berada pada kategori tuntas berjumlah 6 peserta didik dengan persentase sebesar 24% dari total jumlah peserta didik (25 peserta didik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 10 peserta didik dengan persentase 40%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 20 peserta didik yang tuntas KKM 70 dengan persentase 80% dari total jumlah peserta didik. Jadi, model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi hubungan antar komponen ekosistem dan rantai makanan di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:52
Last Modified: 02 Nov 2022 05:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item