STRATEGI OPERASI PRODUKSI PENGEMBANGAN USAHA MEDIA JAMUR TIRAM MAGETAN

ARIFIN, MOHAMMAD JAUHARUL (2022) STRATEGI OPERASI PRODUKSI PENGEMBANGAN USAHA MEDIA JAMUR TIRAM MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180250_MOHAMMAD JAUHARUL ARIFIN_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan akhir dari aktivitas ekonomi adalah adanya output atau hasil produksi. Untuk mencapai tingkat produksi sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi, maka perlu adanya strategi dan manajemen yang baik. Assauri mengungkapkan bahwa peningkatan hasil produksi dipengaruhi oleh adanya tenaga kerja yang terpelihara, lebih berpendidikan dan mempunyai kekuatan tenaga kerja yang lebih sehat. Pemilihan teknologi yang digunakan juga akan sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas, biaya, fleksibilitas, kualitas produk serta tingkat kepuasan pelanggan.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi operasi produksi yang digunakan oleh Thani Jamur Magetan dalam pengembangan usahanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam penarikan kesimpulan menggunakan metode deduktif yang berawal dari pernyataan bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan strategi operasi produksi yang digunakan Thani Jamur Magetan dalam pengembangan usahanya yaitu melalui desain produk, pengelolaan kualitas, desain proses dan kapasitas, tata letak, sumber daya manusia dan desain pekerjaan, manajemen rantai pasokan, manajemen persediaan, serta penjadwalan. Thani Jamur Magetan lebih mengutamakan pilihan strategi desain proses dan kapasitas yang meliputi pemilihan teknologi dalam proses produksinya menjadi perhatian khusus Thani Jamur Magetan dalam menjalankan usaha. Kepemilikan teknologi yang masih sederhana dan belum otomatis, menyebabkan Thani Jamur Magetan harus berfikir bagaimana caranya memanfaatkan perlatan dan mesin yang dimiliki dengan maksimal agar mencapai tingkat produktifitas sesuai dengan yang diinginkan.
Dampak dari pelaksanaan strategi operasi bagi eksistensi usaha Thani Jamur Magetan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Khusus strategi desain proses dalam hal pemilihan teknologi, keterbatasan peralatan mesin dan kapasitas tempat membuat Thani Jamur Magetan lebih produktif karena pemiliki usaha berfikir dengan mesin yang sederhana dan kapasitas tempat yang sedikit, bagaimana caranya agar produksi bisa terus berjalan memenuhi target pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HUSNA NI'MATUL ULYA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:45
Last Modified: 02 Nov 2022 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item View Item