STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AZHAR SAMPUNG

AZIS, MOHAMAD ABDUL (2022) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AZHAR SAMPUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180374_MOHAMAD ABDUL AZIS_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Azis, Mohamad Abdul. 2022. Strategi dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Nurul Azhar Sampung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, Pondok, Kecerdasan Spiritual
Kecerdasaan spiritual tidak asing dalam sebuah pesantren karena pesantren merupakan wadah yang mengutamakan pembentukan spiritual santri. Kecerdasan Spiritual merupakan suatu kecerdasan yang digunakan dalam menghadapi dan memecahkan persoalan, suatu makna dan sebuah nilai dan tidak dapat dipungkiri bawasanya kecerdasan spiritual dalam diri seseorang berpengaruh sangat besar bagi diri manusia itu sendiri seperti sebagai kontrol diri dan kesadaran atas kewajiban terhadap Allah sehingga santri harus memiliki kecerdasan spiritual. Seperti halnya di pondok pesantren Nurul Azhar yang merupakan pesantren yang mengedepankan berpikir kritis dan dzikir, hal tersebut sebagai strategi yang berbeda dan unik untuk meningkatkan kecerdasan spiritual santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Azhar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (2) mengetahui strategi pembiasaan di Pondok Pesantren Nurul Azhar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (3) mengetahui perubahan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Nurul Azhar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Azhar Sampung. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisi data menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan member check.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) Strategi pembelajaran pondok Nurul Azhar oleh pengasuh untuk meningkatkan kecerdasan spiritual berjalan dengan baik yaitu menggunakan pembelajaran secara langsung, pembelajaran tanya jawab dan pembelajaran melalui kisah dengan kitab kuning. Pembelajaran tersebut terbukti dengan hasil santri lebih disiplin, rajin beribadah, dan saling menasihati satu sama lain (2) Strategi pembiasan pondok oleh pengasuh untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dengan 5M+1S yaitu membantu orang tua, menggunakan bahasa yang sopan, menyapa orang lain, menghafal, menutup aurat, dan senyum. Pembiasaan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai diarahkan oleh pengasuh serta dibantu pengurus (3) Perubahan kecerdasan spiritual santri dapat dilihat dari santri sudah memiliki tata krama yang bagus, lebih sopan, berbicara dengan bahasa krama, dan menutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. MUSYAFA' FATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:16
Last Modified: 01 Nov 2022 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20659

Actions (login required)

View Item View Item