Hubungan Antara Sikap Adil Guru dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Mar'atusholikhah, Tisam Amalia (2020) Hubungan Antara Sikap Adil Guru dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616049_TISAM AMALIA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mar’atusholikhah, Tisam Amalia. 2020. Hubungan Antara Sikap Adil Guru dan Percaya Diri Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata Kunci : Sikap Adil Guru, Percaya Diri Siswa

Rasa percaya diri sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di hidupnya. Kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Sikap percaya diri yang mampu dimunculkan dan dikuatkan oleh berbagai faktor, salah satunya sikap guru di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan sikap adil guru di kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Tahun Ajaran 2019/2020, (2) untuk mendeskripsikan percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Tahun Ajaran 2019/2020, (3) untuk menjelaskan hubungan antara sikap adil guru dan rasa percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.
Rancangan yang digunakan oleh peneliti adalah rancangan non experiment atau ex post facto. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan rumus product moment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo yang berjumlah 128 siswa, sampel yang diambil 36 siswa mengunakan teknik sampling strata sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) sikap adil guru kepada siswa kelas V SD Muhamadiyah Terpadu Ponorogo menunjukkan bahwa 27 responden (75%) menjawab dengan tingkat sikap adil guru sedang. (2) Percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo menunjukkan bahwa 26 responden (72%) menjawab dengan tingkat percaya diri siswa sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap adil guru dan percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo dengan nilai korelasi 0,470 dalam kategori korelasi sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:09
Last Modified: 27 Oct 2022 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item