Komparasi Hasil Belajar Matematika pada Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Siswa Kelas IV di MIN 1 Ponorogo

Hidayah, Nur (2022) Komparasi Hasil Belajar Matematika pada Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Siswa Kelas IV di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180087_NUR HIDAYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayah, Nur. 2022. Komparasi Hasil Belajar Matematika pada Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas IV di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Quantum Learning.
Model pembelajaran merupakan kerangka, seperangkat metode yang memiliki pengaruh dalam pembelajaran sehingga menyebabkan aktif dan kondusif. Dalam pembelajaran, hasil belajar dapat mengalami naik atau turun secara siginifikan karena banyak faktor, salah satunya model pembelajaran. Rendahnya hasil pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo diakibatkan karena model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yang menggunakan model pembelajaran quantum learning; (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning; (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen berupa desain posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Ponorogo pada kelas IV dengan jumlah 48 siswa yang terdiri kelas Al-Idris berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Zaid bin Tsabit berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis.
Hasil dari penelitian yaitu (1) Hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yang menggunakan model pembelajaran quantum learning mendapat nilai rata-rata sebesar 77. Presentase nilai di kelas eksperimen kategori tinggi mendapat sebesar 12%, kategori sedang sebesar 76%, kategori rendah sebesar 12%. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning mendapat nilai rata-rata sebesar 63,78. Presentase nilai pada kelas kontrol kategori tinggi sebesar 22%, kategori sedang sebesar 56%, kategori rendah sebesar 22%. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 1 Ponorogo antara yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dan tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:08
Last Modified: 27 Oct 2022 06:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item