Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Di Trotoar Jalan Gajah Mada Ponorogo)

Makrufi, Aziz Huda (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Di Trotoar Jalan Gajah Mada Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180039_Aziz Huda Makrufi_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Huda Makrufi, Aziz, 2022. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus di Trotoar Jalan Gajah Mada Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.
Kata Kunci/Keyword: Etika Bisnis Islam, Pedagang Kaki Lima, Trotoar
Etika bisnis Islam merupakan ilmu yang dibutuhkan banyak pihak terutama bagi pelaku bisnis, baik produsen ataupun konsumen. Etika bisnis merupakan komponen-komponen etika yang membedakan baik dan buruk, benar dan salah. Salah satu realita bisnis adalah para pedagang kaki lima yang berjualan di atas trotoar di kawasan Jalan Gajah Mada Ponorogo. Adanya para padagang kaki lima yang mendirikan lapak-lapak di trotoar sangat mengganggu para pengguna jalan baik kendaraan maupun pejalan kaki. Dapat dilihat dari banyaknya pejalan kaki dan kendaraan yang melintas di kawasan Jalan Gajah Mada membuat kawasan tersebut menjadi lokasi yang strategis, sehingga dengan adanya kegiatan praktik jual beli yang dilakukkan oleh pedagang kaki lima membuat pejalan kaki kesulitan untuk melintas karena fasilitas yang seharusnya diperuntukkan pejalan kaki digunakan sebagai lapak berdagang, di sisi lain lapak-lapak yang didirikan oleh pedagang kaki lima memakan ruas jalan yang cukup lebar, sehingga menimbulkan kemacetan akibat ruas jalan yang menjadi sempit.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap tanggungjawab pedagang kaki lima yang melakukan praktik jual beli di kawasan Jalan Gajah Mada Ponorogo? (2) Bagaiamana analisis etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang kaki lima dalam memberikan keadilan kepada pengguna jalan di kawasan Jalan Gajah Mada Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik eksplanasi dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian : (1) perilaku pedagang kaki lima yang tidak membersihkan tempat jualan yang merupakan area publik. Sehingga perilaku pedagang kaki lima ini belum memenuhi beberapa prinsip etika bisnis Islam yaitu Keseimbangan (Equilibrium), dan Tanggung Jawab (Responsibility). karena pedagang kaki lima bersikap tidak adil terhadap sesama pengguna jalan dan tidak memenuhi hak pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:22
Last Modified: 19 Oct 2022 05:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20648

Actions (login required)

View Item View Item