(Persetujuan publikasi tanda tangan asli, tdk boleh scan UPLOAD ULANG) Upaya Guru Dalam Mengurangi Perilaku Perundingan Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Nologaten, Ponorogo)

Firdaningsih, Chayatul (2022) (Persetujuan publikasi tanda tangan asli, tdk boleh scan UPLOAD ULANG) Upaya Guru Dalam Mengurangi Perilaku Perundingan Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Nologaten, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210615169_Chayatul Firdaningsih_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Firdaningsih, Chayatul. 2022. Upaya Guru Dalam Mengurangi Perilaku Perundungan Siswa Di SDN 1 Nologaten, Ponorogo (Studi Kasus Di SDN 1 Nologaten, Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruaan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuenti Sova Puspidalia, M. Pd.

Kata kunci: upaya guru, perundungan siswa

Perundungan siswa merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang siswa maupun kelompok terhadap siswa lain dengan tujuan menunjukkan kekuatan maupun eksistensi diri. Perundungan siswa di sekolah harus dicegah maupun di kurangi agar menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman. Dalam penelitian ini peneliti akan memaparkan hasil penelitian di SDN 01 Nologaten, Ponorogo tentang upaya guru dalam mengurangi perilaku perundungan siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan perilaku perundungan siswa di SDN 1 Nologaten Ponorogo. (2) mendeskripsikan upaya guru dalam mengurangi perilaku perundungan siswa di SDN 1 Nologaten Ponorogo.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpuan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data menarik kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian Bentuk tindakan perundungan yang terjadi pada siswa di SDN 1 Nologaten, Ponorogo ketika jam pelajaran ataupun jam istirahat yaitu perundungan verbal dengan mengolok-olok atau meledek temannya dan mengancam. Dan perundungan fisik yang terjadi yaitu memukul temannya, menjebak temannya, dan merusak barang milik temannya. Perundungan mental yang terjadi yaitu mengucilkan temannya.. Upaya guru SDN 1 Nologaten, Ponorogo yang dilakukan untuk mengurangi perilaku perundungan siswa yaitu upaya preventif, represif dan kuratif. Upaya preventif yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter selama proses pembelajaran. Selain penerapan pendidikan karakter, guru kelas lima juga membuat kontrak belajar. Yaitu agar siswa mematuhi perarturan dan kesepakatan yang telah dibuat oleh siswa dan guru. Upaya represif yaitu dengan memberikan hukuman yang mendidik kepada siswa yang melakukan pelanggaran. Hukuman yang diberikan yaitu sesuai dengan kesalahan yang dilakukan. Terakhir, upaya kuratif yaitu dengan guru menyampaikan perkembangan anak dalam acara paguyuban wali murid yang diadakan setiap bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:38
Last Modified: 30 Sep 2022 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20635

Actions (login required)

View Item View Item