...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI MA’ARIF SETONO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Soimatun, Isna (2022) ...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI MA’ARIF SETONO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_isnasoimatun_203180058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Metode Jarimatika, Kemampuan Pemecahan Soal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan kesulitan siswa dalam operasi hitung bilangan di MI Ma’arif Setono Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Dikarenakaan banyaknya kendala dalam proses perhitungan dan pada umumnya siswa menggunakan metode menghafal, sehingga dalam operasi bilangan puluhan siswa akan kesulitan, dan metode menghafal ini dikatakan kurang tepat dalam permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini menggunakan metode jarimatika dengan alasan lebih mudah dan lebih cepat digunakan dalan melakukan perhitungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui aktivitas siswa alam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan pengurangan di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2022/2023, (2) untuk mengetahui kemampuan pemecahan soal penjumlahan pengurangan siswa kelas I MI Ma;arif Setono Tahun Ajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari subjek penelitian yaitu siswa kelas I MI Ma’arif Setono yang berjumlah 19 siswa.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Metode Jarimatika dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas 1 MI Ma’arif Setono. Pada siklus I keaktifan siswa menunjukkan angka dengan presentase 71,05%. Kemudian pada siklus II keaktifan siswa menunjukkan angka presentase 84,86%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat dengan presentase 13,81%. (2) Penerapan Metode Jarimatika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan pengurangan siswa, pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh predikat “Tuntas” berjumlah 13 siswa dengan presentase 68,42%, di siklus II meningkat menjadi 19 siswa dengan presentase 94,84%. di siklus II semua siswa sudah masuk pada kategori tuntas. Dengan demikian metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan pengurangan di MI Ma’arif Setono Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:19
Last Modified: 19 Sep 2022 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20618

Actions (login required)

View Item View Item