..(GUNAKAN MATERAI ASLI PADA LEMBAR KEASLIAN ATAU PERBAIKI SCAN WARNA, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI KEGIATAN (MABIT) MALAM BINAAN IMAN DAN TAQWA SEBAGAI PEMBINAAN AKHLAK DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO IMPLEMENTASI KEGIATAN (MABIT) MALAM BINAAN IMAN DAN TAQWA SEBAGAI PEMBINAAN AKHLAK DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO Implementasi Kegiatan (MABIT) Malam Binaan Iman dan Taqwa Sebagai Pembinaan Akhlak di Mts Ma'arif Balong Ponorogo

Anwar, Syaiful (2022) ..(GUNAKAN MATERAI ASLI PADA LEMBAR KEASLIAN ATAU PERBAIKI SCAN WARNA, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI KEGIATAN (MABIT) MALAM BINAAN IMAN DAN TAQWA SEBAGAI PEMBINAAN AKHLAK DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO IMPLEMENTASI KEGIATAN (MABIT) MALAM BINAAN IMAN DAN TAQWA SEBAGAI PEMBINAAN AKHLAK DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO Implementasi Kegiatan (MABIT) Malam Binaan Iman dan Taqwa Sebagai Pembinaan Akhlak di Mts Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316071_Syaiful Anwar_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anwar, Syaiful. 2022. Implementasi Kegiatan MABIT (Malam Binaan Iman dan Taqwa) Sebagai Pembinaan Akhlak di MTs Ma’arif Balong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi Kegiatan MABIT, Pembinaan Akhlak, MTs Ma’arif Balong
Akhlak merupakan ukuran kemanusiaan yang hakiki dan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Problematika akhlak pun menjadi topik penting terhadap kualitas manusia yang tidak hanya diukur dari keunggulan keilmuan dan keahlian semata. Setiap individu manusia telah dibekali Tuhan dengan potensi akal, hati dan tubuh jasmani. Persoalan akhlak yang terjadi di masyarakat saat ini, khususnya di kalangan remaja bahkan pelajar. Oleh karena itu, perhatian terhadap akhlak menjadi salah satu fokus utama diselenggarakannya pendidikan. Melihat penjelasan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti kegiatan tersebut dengan ini, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Kegiatan MABIT (Malam Binaan Iman dan Taqwa) Sebagai Pembinaan Akhlak di Mts Ma’arif Balong”.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan kegiatan MABIT sebagai upaya pembinaan akhlak di MTs Ma’arif Balong, (2) mengungkap hasil yang dicapai dari kegiatan MABIT di MTs Ma’arif Balong.
Untuk menjawab penelitian di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini peneliti lakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan; (1) Pelaksanaan kegiatan MABIT sebagai upaya pembinaan akhlak di MTs Ma’arif Balong yakni empat kali dalam setahun, yang bertujuan untuk menigkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah swt. Selain itu, sebagai sarana pengembangan akhlak siswa megenai adab sopan santun sudah dapat ditangkap dengan baik, selain itu tentang ketuhanan, cara beribadah dan lain sebagainya, (2) Hasil yang dicapai dari kegiatan MABIT di MTs Ma’arif Balong yakni untuk mencetak akhlak peserta didik yang lebih baik lagi, karena dalam kegiatan-kegiatannya mengandung nilai-nilai akhlak yang mendidik Keadaan akhlak siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo pasca kegiatan MABIT tersebut peningkatannya cukup bagus, hal itu terbukti dengan didapatinya kebiasaan siswa yang menunjukkan perilaku atau akhlak yang baik, diantaranya bersalaman dan mengucap salam kepada guru, berjalan agak menunduk di depan guru atau yang lebih tua dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah R
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:14
Last Modified: 19 Sep 2022 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item