..(NOTA PEMBIMBING TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Resiliensi Pada Single Mother Pasca Kematian Pasangan Di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan

Masrikah, Ani (2022) ..(NOTA PEMBIMBING TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Resiliensi Pada Single Mother Pasca Kematian Pasangan Di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANI MASRIKAH. 303180005 skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ani Masrikah. 2022. Resiliensi Pada Single Mother Pasca Kematian Pasangan Di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Skripsi Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fadhilah Rahmawati, M.Si.
Kata Kunci: Resiliensi, Single Mother, Kematian Pasangan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Resiliensi Pada Single Mother Pasca Kematian Pasangan di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, Bagaimana proses Resiliensi pada Single Mother Pasca Kematian Pasangan di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, dan Bagaimana dampak psikologis Kematian Pasangan di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, akan mendeskripsikan faktor-faktor resiliensi pada single mother, menganalisis proses resiliensi pada single mother, dan mengetahui dampak psikologis kematian pasangan bagi single mother.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara dan untuk teknik analisis data adalah dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data berupa sumber primer dan sumber skunder.
Kesimpulan terkait dengan resiliensi pada single mother pasca kematian pasangan di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan adalah pertama, faktor resiliensi pada single mother pasca kematian pasangan single mother memiliki ketujuh faktor resiliensi dalam diri masing-masing yakni emotion regulation, impulse control, optimism, causal analysis, self efficacy, reaching out, dan emphathy. Kedua, proses resiliensi single mother melalui 4 tahapan proses resiliensi ada empat tahapan yakni mengalah (Succumbing), bertahan (Survival), pemulihan (Recovery) dan berkembang pesat (Thriving). Ketiga, dampak psikologis kematian pasangan bagi single mother timbulnya perasaan sedih, terpukul, tekanan batin, dan syok, terpukul, tekanan batin, dan perasaan yang berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FADHILAH RAHMAWATI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:07
Last Modified: 14 Sep 2022 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20605

Actions (login required)

View Item View Item