...(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU PENDIDIKAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO

Muawanah, Aminatul (2022) ...(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU PENDIDIKAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217002_Aminatul Muawanah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aminatul Muawanah, 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Mutu Pendidikan
Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penih pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Maka dari itu kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan mempunyai peran ganda, di samping sebagai pemimpin, manajer, administrator ia juga sebagai supervisor. Di dalam kepemimpinannya kepala sekolah harus dapat membahami, mengatasi, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pembelajaran di SMK PGRI 2 Ponorogo (2) mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu kedisiplinan di SMK PGRI 2 Ponorogo (3) mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu literasi di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Hasil penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data yang di ukur dengan : Tringulasi, ketentuan pengamatan, dan perpanjngan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pembelajaran di SMK PGRI 2 Ponorogo ini yaitu dengan cara menyediakan berbagai bangunan dan fasilitas pembelajaran yang menunjang meningkatknya budaya mutu pembelajaran. Dan (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu kedisiplinan di SMK PGRI 2 Ponorogo, yaitu dengan mewajibkan dan menerapkan sikap disiplin kepada seluruh siswa dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, serta wajib mengikuti kegiatan taruna-taruni, PBB dan Pondok Pesantren. Kemudian (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu literasi di SMK PGRI 2 Ponorogo, yaitu dengan membuat program yang menarik perhatian dan minat siswa dalam budaya literasi. Dan mencantumkan gaya kepemimpinan yang bersifat otoriter, demokratis, komunikasi dan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ab. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:05
Last Modified: 14 Sep 2022 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item