..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Analisis Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Storyboard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Mi Ma'arif Polorejo

Astriasari, Dina (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Analisis Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Storyboard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Mi Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180033_DINA ASTRIASARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Menulis, Narasi, Storyboard
Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu rendahnya keterampilan menulis narasi yang disebabkan oleh beberapa hal seperti rendahnya minat menulis siswa, rendahnya imajinasi menulis narasi sehingga siswa hanya dapat menuliskan dua sampai tiga paragraf yang isi didalamnya masih terbatas. keterampilan menulis narasi contohnya siswa sulit membuat judul untuk narasi, dan sulit menyusun dan mengembangkan paragraf pada narasi tersebut. Masih banyak kesalahan-kesalahan dalam menulis yaitu kesalahan pada ejaan, penggunaan huruf (huruf besar pada awal kalimat) serta kurangnya penggunaan tanda baca pada tulisan (titik, koma). Berdasarkan observasi banyak siswa yang mengatakan susah jika diberi tugas untuk mengarang narasi. Sebanyak 50% siswa sulit untuk mengarang narasi, bukti-buktinya bisa dilihat dari hasil karya narasi siswa yang cenderung asal-asalan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keterampilan menulis narasi dengan media storyboard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) menganalisis kemampuan menulis narasi pada siswa kemampuan tinggi dengan media storyboard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) menganalisis kemampuan menulis narasi pada siswa kemampuan sedang dengan media storyboard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (4) menganalisis kemampuan menulis narasi pada siswa kemampuan rendah dengan media storyboard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan tes kepada 29 siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo selanjutnya hasil tes tersebut dianalisis untuk mengetahui tingkat keterampilan siswa dalam menulis narasi menggunakan media storyboard.
Keterampilan menulis narasi menggunakan media storyboard kalas V MI Ma’arif Polorejo bisa dikatakan terampil karena rata-rata nilai tes siswa telah mencapai hasil yang baik. Hasil pengumpulan data diketahui terdapat 2 orang siswa yang memperoleh kategori nilai sangat baik, 21 siswa yang memperoleh kategori nilai baik, 5 orang anak yang memperoleh kategori nilai cukup dan 1 orang anak yang memperoleh kategori nilai kurang. Keterampilan menulis narasi siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo masuk ke dalam kategori sudah terampil karena 76% siswa di kelas tersebut dapat menuliskan narasi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan pada hasil tes yang mereka lakukan telah memenuhi aspek penilaian dalam menulis narasi. Kemampuan menulis narasi pada siswa kemampuan tinggi berhasil dicapai oleh 2 orang siswa dengan menceritakan narasi sesuai aspek penilaian yang telah ditentukan seperti alur yang diceritakan mulai dari awal hingga akhir cerita, tata bahasa yang digunakan kompleks dan efektif serta ejaan dan tanda baca yang digunakan tepat sesuai kaidah dalam menulis. Dengan demikian bahwa media storyboard membantu siswa untuk memperoleh kategori nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:41
Last Modified: 12 Sep 2022 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item