manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan smpn 3 pulung ponorogo

Eviana, Erma (2022) manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan smpn 3 pulung ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217021_Erma Eviana_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EVIANA, ERMA. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Pendidikan
Data UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report tahun 2016 menyatakan mutu pendidikan di Indonesia menduduki peringkat 10 dari 14 negara berkembang. Manajemen sumber daya manusia juga mempunyai peran dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengelolaan pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo sehingga menghasilkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan secara terus menerus dan berkesinambungan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi MSDM dalam meningkatkan mutu pendidikan SMPN 3 Pulung Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo (2) mendeskripsikan metode rekrutmen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo (3) mendeskripsikan penempatan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo (4) mendeskripsikan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Pulung Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan: triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1) perencanaan sumber daya manusia di SMPN 3 Pulung Ponorogo disusun berdasarkan kegiatan analisis faktor penyebab perubahan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui evaluasi tahunan (2) Proses rekrutmen SMPN 3 Pulung yaitu menganalisis kebutuhan posisi, merencanakan proses rekrutmen, pasang lowongan, melakukan wawancara, dan memilih kandidat yang cocok (3) Proses penempatan SDM SMPN 3 Pulung Ponorogo dilakukan dengan mempertimbangkan faktor pengetahuan, keterampilan kerja, dan pengalaman kerja (4) Pengembangan SDM SMPN 3 Pulung Ponorogo dilakukan dengan mengikutsertakan tenaga pendidik pelatiahn diklat, bimbek, dan MGMP, sedangkan untuk tenaga kependidikan diikutsertakan pelatihan pustakawan, asset, persuratan dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:45
Last Modified: 12 Sep 2022 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20585

Actions (login required)

View Item View Item