ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SINGGAHAN 01 KEC. KEBONSARI KAB. MADIUN

Ningsih, Agustin (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SINGGAHAN 01 KEC. KEBONSARI KAB. MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180002_AGUSTIN NINGSIH _PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Agustin, Ningsih. 2022 Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning Untuk meningkatkan pembelajaran IPS SDN Singgahan 01 Kec. Kebonsari Kab. Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Athok Fu’adi, M.Pd.

Kata kunci : model pembelajaran Project Based Learning, pembelajaran IPS, PJBL,

Kreativitas siswa. Menurunya tingkat Kreativitas siswa pada pembelajaran pasca pandemik ini merupakan suatu permasalahan yang dapat menghambat kelancaran dari proses pembelajaran. Selain menurunya tingkat kreativitas siswa. Kurang tepatnya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran juga menjadi faktor yang menyebabkan kretivitas siswa menurun Salah satu indikator keberhasilan suatu pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat dan variatif. Ketepatan dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa menjadi poin yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran project based lerning guna untuk membantu siswa dalam memahami materi agara mudah dipahami selain itu model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa karena pada model ini siswa diminta untuk membuat suatu projek sesuai dengan kemampuan berfikirnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1.) meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Singghan 01. 2.) mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran project based lerning dapat meningkatkan kreativitas 3.) mendeskripsikan alasan mengapa penerpaan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa.
pada penelitian ini Menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Singgahan 01 sebanya 14 anak terdiri dari 7 laki – laki dan 7 perempuan. Hasil analisis menyatakan bahwa : Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran IPS di SDN Singgahan 01 kelas IV dapat meningkatkan krativitas siswa kreativitas siswa pada siklus I diperoleh data 51,6 % dengan kategori belum tuntas lalu pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,33 % dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil data tersebut maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Singgahan 01 dapat menigkatkan kreativitas siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ATHOK FU'ADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:58
Last Modified: 12 Sep 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item