Efektivitas Metode Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora

Anggraini, Yulika (2022) Efektivitas Metode Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180251_Yulika Anggraini_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan rendahnya capaian belajar siswa. Terlebih pada pelajaran yang memuat materi dengan bacaan seperti pembelajaran IPS cenderung diperlukan metode yang tepat agar materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran menyebabkan siswa mudah bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, kurang sesuainya metode pembelajaran yang digunakan juga dapat menghambat pemahaman siswa dalam mempelajari materi. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN 3 Bangkleyan, beberapa metode yang digunakan belum mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar siswa relative rendah. Pada penelitian ini peneliti menerapkan metode picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, pengolahan data menggunakan statistik. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora yang berjumlah 24 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode picture and picture sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah dengan bantuan peta konsep. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes berupa soal menjodohkan.
Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS menggunakan uji paired t-test didapat nilai signifikansi antara post-test kelompok eksperimen dan post-test sebesar 0,092, dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan pada bab pendahuluan dalam skripsi ini serta hasil dari penghitungan menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0, maka dapat simpulkan bahwa terdapat efektifitas metode picture and picture terhadap hasil belajar materi persebaran flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas IV di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:08
Last Modified: 12 Sep 2022 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item