Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

'Amilaturodiyah, Wiji (2022) Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180040_WIJI 'AMILATURODIYAH_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sekolah sebagai lembaga pelaksanaan Pendidikan tidak hannya sebagai tempat untuk mencerdaskan bangsa, melainkan juga sebagai wadah untuk menanamkan dan membentuk moral dan karakter peserta didik. Di era modern ini tengah terjadi dekadensi moral sehingga Penanaman karakter atau internalisasi karakter ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Sehubungan dengan itu penanaman karakter ini perlu diintegrasikan dalam mata pelajaran. Adapun salah satu karakter yang menjadi pondasi kokoh untuk membentuk generasi yang Tangguh yakni karakter disiplin dan tanggung jawab.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS di MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, (2) Bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS di MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, (3) Bagaimana penilaian internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS di MTs Sulamul Huda Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan Teknik analisis data Miles and Huberman yang menggunakan tiga tahapan analisis yakni meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid dan variabel.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS dirumusakan dalam RPP yang cukup jelas dengan menggunakan metode ceramah. (2) pelaksanaan internalisasi karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS diawali dengan kegiatan pendahuluan berupa absensi yang dilakukan oleh guru kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni penyampaian materi pembelajaran serta pemberian tugas, serta kegiatan penutup yakni berupa rangkuman dari seluruh materi dari awal sampai akhir. (3) penilaian internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS yakni guru merekap seluruh absensi setiap minggunya senagai bentuk nilai karakter disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:04
Last Modified: 12 Sep 2022 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20559

Actions (login required)

View Item View Item