( pengesahan harus ada tanda tangan lengkap, tdk boleh scan an, jusul semua huruf kecil)..NILAI-NILAI RELIGIUS DAN KEPEDULIAN SOSIAL DALAM TRADISI TINGKEBAN DI DUSUN JOSO DESA TURI KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN

SUROSO, ALVIN EKA LARENIA (2022) ( pengesahan harus ada tanda tangan lengkap, tdk boleh scan an, jusul semua huruf kecil)..NILAI-NILAI RELIGIUS DAN KEPEDULIAN SOSIAL DALAM TRADISI TINGKEBAN DI DUSUN JOSO DESA TURI KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180268_ALVIN EKA LARENIA SUROSO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suroso, Alvin Eka Larenia. 2022. Nilai-Nilai Religius dan Kepedulian Sosial dalam Tradisi Tingkeban di Dusun Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Nilai, Religius, Kepedulian Sosial, Tradisi, Tingkeban
Tingkeban didefinisikan sebagai selamatan kehamilan seorang ibu pada usia kandungan tujuh bulan, dan dilakukan ketika mengandung anak pertama. dalam tradisi tingkeban tidak terlepas dari aspek spiritual dan sosial. Diantara aspek spiritual yang terdapat dalam tradisi tingkeban adalah aspek akidah baik kepada Allah SWT maupun Rasulullah Saw. Hal ini dibuktikan dengan dibacakannya ayat-ayat Al-Qur’an serta dzikir juga sholawat. Selain mengandung nilai-nilai religius, tradisi tingkeban juga mengandung nilai-nilai sosial karena tradisi tersebut erat kaitannya dengan interaksi antar anggota masyarakatDisamping merupakan salah satu bagian dari tradisi budaya Jawa, tradisi tingkeban juga memiliki unsur yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana tradisi tingkeban pada masyarakat dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan, (2) apa saja nilai-nilai religius dalam tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan, dan (3) apa saja nilai-nilai kepedulian sosial dalam tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini terfokus pada studi kasus tentang pelaksanaan tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan, nilai-nilai religius dan nilai-nilai kepedulian sosial. Teknik pengumpulan data melalui wawancra, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tradisi tingkeban yang dilaksanakan di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan memiliki perbedaan dengan pelaksanaan di daerah yang lain yang masih melaksanakan semua prosesi tradisi tingkeban. Pelaksanaaan tradisi tingkeban didusun Joso tidak semua prosesinya dijalankan, seperti sudah tidak dilaksanakannya prosesi membelah kelapa. Disamping itu, pada tradisi tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan dalam pelaksanaan prosesi mandi tidak dilakukan dengan menggunakan air dari tujuh sumber, akan tetapi menggunakan air yang telah diberi do’a oleh tokoh agama. Terdapat pembacaan tahlil,manaqib atau albarzanji dan selanjutnya dilanjutkan dengan prosesi tradisi tingkeban seperti : duduk diatas jarik yang dilakukan oleh suami istri,meminum air yang telah diberi do’a oleh kyai,menyisir rambut yang dilakukan oleh nenek calon bayi,mengibaskan kain jarik di luar rumah dan mandi. Sedangkan makanan yang sering ada pada kenduri tradisi tingkeban antara lain : rujak,nasi tumpeng dan ayam ingkung. (2) adapun nilai religius yang terdapat pada tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan kabupaten Magetan diantaranya keimanan dan ketaqwaan (aqidah) kebenaran dan keyakinan terhadap hukum-hukum (syariat).etika moral beragama (akhlak). (3) nilai kepedulian sosial yang ada dalam tradisi tingkeban di dusun Joso desa Turi kecamatan Panekan adalah empati, keyakinan berbuat baik akan mendapatkan balasan,tanggung jawab sosial,kontrol diri dan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MAMBAUL NGADHIMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:58
Last Modified: 12 Sep 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20554

Actions (login required)

View Item View Item