Penerapan Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karater Peduli Lingkungan Pada Proses Pembelajaran Ips Terpadu Bagi Siswa Di Mtsn Panekan Magetan

Lutfiatun, Kusnul (2022) Penerapan Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karater Peduli Lingkungan Pada Proses Pembelajaran Ips Terpadu Bagi Siswa Di Mtsn Panekan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180062_Kusnul Lutfiatun_Tadris IPS.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lutfiatun, kusnul. 2022. Penerapan Program Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli
Lingkungan pada Proses Pembelajaran IPS Terpadu bagi Siswa di MTsN Panekan Magetan.
Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata kunci: Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPS Terpadu.
Penanaman karakter peduli lingkungan kepada peserta didik melalui program adiwiyata dalam
pembelajaran sangatlah penting mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
membuat perilaku manusia semakin mengeksploitasi sumber daya alam dan hilangnya kepedulian
terhadap lingkungan. Melalui pendidikan karakter diharapkan dapat membangkitkan dan mewujudkan
kepedulian lingkungan dengan mengenalkan pada anak-anak pentingnya pelestarian lingkungan.
Pelestarian lingkungan bisa diupayakan terutama disekolah melalui program adiwiyata. Salah satu
sekolah di kabupaten Magetan yang sudah menyandang predikat adiwiyata yaitu MTsN Panekan.
Namun ditemukan permasalahan yaitu peserta didik belum memiliki kesadaran akan lingkungan hidup,
padahal sekolah sudah dinobatkan sekolah adiwiyata. Tentunya sekolah dituntut untuk memberikan
motivasi akan peduli lingkungan melalui pendidikan karakter peduli lingkungan kepada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi program adiwiyata dalam
pembentukan karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran IPS Terpadi di MTsN Panekan
Magetan tahun ajaran 2021/2022, (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat terhadap
penerapan program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada proses
pembelajaran ips terpadu bagi siswa di MTsN Panekan Magetan tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya
menggunakan analisis data interaktif Miles Huberman dan Saldana, yaitu reduksi data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jumlah partisipan dalam penelitian ada 11 orang yaitu
kepala sekolah, empat orang guru IPS, dua orang perwakilan peserta didik kelas VII, dua orang
perwakilan peserta didik kelas VIII, dan dua orang perwakilan peserta didik kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi program adiwiyata dalam pembentukan
karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran IPS Terpadi di MTsN Pankena Magetan
diimplementasikan dengan baik melalui (a) RPP terintegrasi dengan pendidikan karakter peduli
lingkungan, (b) pembiasaan keteladanan pagi, (c) pembelajaran di alam. (2) faktor yang mendukung
implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada prose
pembelajaran IPS Terpadu di MTsN Panekan Magetan yaitu sarana prasarana yang memadai dan
kebijakan sekolah yang menunjang, sedangkan faktor yang menghambat yaitu kesadaran peserta didik
yang kurang, perbedaan gender dan motivasi peserta didik yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:56
Last Modified: 12 Sep 2022 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item View Item