..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Strategi Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Di MAN 2 Ponorogo

Sholikhah, Emy Mar Atus (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Strategi Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Revisi Emi New (1)-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sholikhah, Mar Atus. 2022. Pelaksanaan Strategi Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Minat Peserta Didik
Kepuasan masyarakat diukur berdasarkan empat aspek, yaitu pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, dan standar isi. Apabila proses dan penilaian serta tingkat pencapaian perkembangan lemah daya juang dan pemasarannya, tetap saja akan mengalami kemunduran bahkan gulung tikar. Pihak sekolah tentunya juga harus mensosialisasikan semua program, perkembangan, dan prestasinya ke masyarakat dalam hal ini sebagai penikmat jasa pendidikan. Untuk melakukan pemasaran salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah memperbaiki strategi promosi. Promosi sangat mengutamakan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga promosi yang baik tentunya akan mengupayakan program yang bagus bukan biasa-biasa saja. MAN 2 Ponorogo memiliki strategi promosi yang bisa menarik minat peserta didik untuk mendaftar.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bentuk dan mekanisme pelaksanaan strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MAN 2 Ponorogo (2) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MAN 2 Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru yaitu MAN 2 Ponorogo menerapkan strategi pemasaran dengan cara yang bervariatif. Media yang digunakan sebagai
pemasaran adalah media online dan offline. Media online yang digunakan antara lain: website, instagram, youtube, faebook, twitter. (2) Hasil pelaksanaan strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MAN 2 Ponorogo ini bisa dilihat dari jumlah kuantitas dan kuliatas calon peserta didik yang mendaftar disetiap tahunnya mengalami peningkatan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi promosi sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MAN 2 Ponorogo yaitu MAN 2 Ponorogo telah mempunyai branding dan citra yang baik di masyarakat sebagai salah satu Madrasah Negeri yang menawarkan fasilitas yang lengkap mulai dari sarana prasarana, ekstrakurikuler, diampu oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dibidangnya, dan menawarkan berbagai jenis beasiswa bagi peserta didik. Faktor penghambatnya antara lain pemasaran ini adalah bagi calon peserta didik yang dari daerah luar kecamatan Ponorogo yang agak jauh, terkendala sinyal ketika akan mengakses informasi melalui media. Kebanyakan masih berfikir informasi terkait PPDB ini disampaikan dengan pemberian brosur ke sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:56
Last Modified: 12 Sep 2022 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item