Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika

Manasikana, Arina (2022) Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__203180017_ARINA MANASIKANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kata kunci:Kemampuan Numerasi, Matematika, Kemampuan Awal

Kemampuan numerasi adalah kemampuan dalam menganalisis yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dari siswa yang ada di kelas VI yaitu berjumlah 10 siswa. Hal tersebut hampir seluruh siswa belum memahami kemampuan numerasi, sehingga dalam hal tersebut banyak yang mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal yang diberikan. Dari 10 siswa terdapat 20% siswa yang menjawab dengan tepat, 60% siswa yang menjawab dengan tepat dan sedikit kesalahan, dan 20% siswa yang menjawab tidak tepat . Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi matematis siswa sekolah dasar berdasarkan dengan kemampuan awal matematika pada kategori tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi data. Subjek penelitian terdiri dari tiga subjek yaitu siswa kelas VI yang dikelompokkan berdasarkan hasil tes kemampuan awal matematika dengan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan tiga indikator dari kemampuan numerasi. Teknik analisi data yang digunakan dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data.
Berdasarkan dengan analisis data, diperoleh hasil bahwa, siswa dengan kategori hasil tes tinggi dari tiga indikator, ia mampu menerapkan tiga indikator dengan benar dan tepat. Siswa dengan kategori hasil tes sedang dari tiga indikator, ia cukup mampu dalam menerapkan tiga indikator dengan benar meskipun terdapat sedikit kesulitan. Siswa dengan kategori hasil tes rendah dari tiga indikator, ia masih belum mampu dalam menerapkan tiga indikator dalam artian ia masih membutuhkan banyak bimbingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:55
Last Modified: 12 Sep 2022 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item