Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Petualangan Sherina Karya Riri Riza serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter pada Siswa SD/MI

Aulia, Aqidah Masitoh (2022) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Petualangan Sherina Karya Riri Riza serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter pada Siswa SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180015 AQIDAH MASITOH AULIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aulia, Aqidah Masitoh. 2022. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Petualangan Sherina
Karya Riri Riza serta relevansinya dengan Pendidikan Karakter pada Siswa SD/MI.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarrani,
M.Pd.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Karakter, Film Petualangan Sherina, Karakter Siswa SD/MI
Di era milenial yang maju ini, kualitas generasi penerus bangsa mengalami kemerosotan
moral. Banyak sekali peristiwa yang terjadi antara anak satu dengan yang lain, seperti saling
berkelahi, mengajek, membuli, mengolok-olok, merendahkan dan masih banyak lagi. Peristiwa
tersebut dibuktikan dari beberapa kasus yang sering muncul melalui televisi, koran, dan yang
paling banyak di lingkungan sekitar. Hal itu disebabakan karena kurangnya penanaman nilai
karakter pada anak yang seharusnya diberikan sejak dini. Selain itu pengaruh lingkungan juga
menjadi salah satu sebab krisisnya moral anak bangsa. Maka dari itu, diperlukan adanya
pendidikan dan dorongan dari orang tua untuk membangun secara sistematis nilai karakter pada
anak-anak, agar menjadi budaya yang mengakar pada jiwa kepribadiannya. Nilai karakter dapat
diperoleh melalui pembelajaran di sekolah, keluarga, lingkungan masyarakat, bacaan-bacaan, atau
bisa juga melalui hasil dari karya sastra, misalnya sebuah film. Berdasarkan pengamatan, film
merupakan salah satu media yang banyak digemari oleh semua kalangan terutama anak-anak,
karena dalam film banyak termuat nilai-nilai karakter yang cocok untuk mereka. Film juga
memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pemikiran orang lebih kuat, maka dari itu film menjadi
salah satu media yang paling disukai. Salah satu diantaranya adalah film petualangan Sherina, film
yang menceritakan tentang pentingnya bersosial dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai karakter cinta damai dalam film
petualangan Sherina, (2) mendeskripsikan nilai karakter peduli sosial dalam film petualangan
Sherina, (3) menjelaskan relevansi dari nilai-nilai karakter dalam film petualangan Sherina dengan
pendidikan karakter siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research
(kepustakaan). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer atau dokumentasi,
sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis isi.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) Nilai pendidikan karakter cinta dalam film
petualangan Sherina diantaranya, saling memaafkan, menjalin persahabatan tanpa memandang
status sosial, menghargai teman, (2) Nilai pendidikan karakter peduli sosial dalam dilm
petualangan Sherina diantaranya, perilaku menolong, empati / merasa iba, suka memberi,
mendengarkan keika teman bercerita. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film petualangan
Sherina memiliki relevansi dengan pendidikan karakter anak sekolah dasar pada nilai karakter
cinta damai (tidak pernah membeda-bedakan teman, saling memaafkan antar teman, saling
menolong), peduli sosial (berbagi makanan kepada teman, berempati dengan keadaan teman yang
sedang tidak baik, memberikan pertolongan kepada teman yang membutuhkan pertolongan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:02
Last Modified: 12 Sep 2022 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20543

Actions (login required)

View Item View Item