Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran IPS Tema Manusia Tempat dan Lingkungan Siswa Kelas 7 Di MTsN 5 Magetan

Mahesti, Dina (2022) Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran IPS Tema Manusia Tempat dan Lingkungan Siswa Kelas 7 Di MTsN 5 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180052_Dina Mahesti_Tadris IPS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Lingkungan merupakan tempat yang berkaitan sangat erat dengan makhluk hidup termasuk manusia, lingkungan merupakan tempat seluruh kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Banyaknya masyrakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama bagi siswa yang masih sering merusak lingkungan, masih banyak siswa yang melakukan kegiatan yang dapat merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman hias serta kurangnya kepedulian siswa terhadap lingkungan, membuat para siswa tidak mau menjaga lingkungan dengan baik. Oleh karena itu lingkungan merupakan sesuatu yang harus terus dijaga, di lestarikan, dan dicintai oleh seluruh makhluk terutama manusia, manusia tentu harus memiliki sifat cinta dan juga peduli lingkungan. Untuk itu pentingnya sifat atau karakter peduli lingkungan sangat penting dan merupakan hal yang utama yang harus diajarkan kepada siswa, seperti yang diterapkan kepada siswa di MTsN 5 Magetan. Untuk menumbuhkan dan menanamkan karakter peduli lingkungan guru IPS MTsN 5 Magetan menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS melalui tema manusia tempat dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS tema manusia tempat dan lingkungan siswa kelas 7 di MTsN 5 Magetan.(2) mendeskrIPSikan apa saja faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS tema manusia tempat dan lingkungan siswa kelas 7 di MTsN 5 Magetan. (3) mendeskripsikan hasil dari penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS tema manusia tempat dan lingkungan siswa kelas 7 di MTsN 5 Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penilitian studi kasus, pengambilan data dilaksanakan di MTsN 5 Magetan dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan berulang kali.teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS tema manusia tempat dan lingkungan siswa kelas 7 di MTsN 5 Magetan yaitu pertama, dilakukan melalui proses pembelajaran yang dikaitkan dengan materi yang dipelajari dengan memberi contoh nyata dalam kehidupan yang berkitan langsung dengan lingkungan. Kedua, mengajak siswa melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan menjaga lingkungan secara langsung. (2) adapun faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan diantaranya adalah sifat cuek siswa terhadap lingkungan, tidak peduli siswa akan kebersihan lingkungan, sikap kurang dewasa atau masih kekanak-kanakan, dan juga sifat ramai sendiri atau membuat gaduh pada saat pembelajaran. (3) hasil dari penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS yaitu: membiasakan diri menjaga lingkungan dengan melaksanakan piket kelas dengan tertib, membuang sampah pada tempatnya, menanam tanaman hias dan memeliharanya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:55
Last Modified: 12 Sep 2022 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item