[UPLOAD ULANG FILE PDF, BUKAN WORD] Upaya Madrasah dalam Membentuk Akhlak Siswa Melalui Mujahadah Ratib Al-Haddad di Ma Ma'arif Al-Mutaqin Temboro Kidul Magetan

Tajudin, Alfin (2022) [UPLOAD ULANG FILE PDF, BUKAN WORD] Upaya Madrasah dalam Membentuk Akhlak Siswa Melalui Mujahadah Ratib Al-Haddad di Ma Ma'arif Al-Mutaqin Temboro Kidul Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210317126 ALFIN TAJUDIN .docx

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Tajudin, Alfin. 2022. Upaya Madrasah dalam Membentuk Akhlak Siswa melalui Mujahadah Ratib Al Haddad di MA Ma’arif Al Mutaqin Temboro Kidul. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci : Madrasah, Akhlak Siswa, Mujahadah Ratib Al-Haddad

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul dalam meningkatkan akhlak siswa siswi berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Akhlak yang dimiliki siswa siswi sangat beragam. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya berasal dari kepribadian siswa sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar. Akhlak adalah pondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan yang baik antara hamba dengan Allah Swt dan antar sesama manusia. Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Upaya dalam meningkatkan akhlak dapat melalui berbagai macam kegiatan, salah satunya yang dilakukan MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul yakni melalui mujahadah Ratib Al-Haddad. Ratib Al-Haddad adalah bacaan dzikir yang dikarang oleh salah satu ulama besar Islam yaitu Al-Habib bin Abdullah bin Alwi Al-Haddad yang di dalamnya berisi bacaan-bacaan tawassul, tahmid, istighfar, sholawat, tahlil, doa-doa yang dibaca oleh para Rasul terdahulu.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Upaya pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Mujahadah Ratib Al-Haddad di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul; 2) Pelaksanaan kegiatan mujahadah Ratib Al-Haddad di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul; 3) Hasil dari upaya kegiatan mujahadah Ratib Al-Haddad dalam membentuk akhlak siswa di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya pembentukan akhlak siswa dalam kegiatan Mujahadah Ratib Al-Haddad di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul dengan adanya absensi kegiatan oleh wali kelas dan adanya punishmant bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan. Selain itu kegiatan mujahadah juga menerapkan metode pembentukan akhlak yakni metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian dan metode kisah; 2) Pelaksanaan kegiatan mujahadah Ratib Al-Haddad di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul berjalan dengan baik dan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat setelah jamaah shalat dhuha. Tidak hanya membaca ratib, tetapi dalam kegiatan ini juga ada pemberian motivasi bagi siswa, pembacaan sholawat burdah dan mengaji kitab Bidayatul Hidayah. Hal ini juga sebagai pendukung dalam upaya pembentukan akhlak siswa agar menjadi lebih baik; 3) Hasil kegiatan mujahadah Ratib Al-Haddad dalam membentuk akhlak siswa di MA Ma’arif Al-Mutaqin Temboro Kidul sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang berakhlak baik yaitu menghormati orang lain, pantang menyerah dalam belajar dan mengagungkan Alloh Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:47
Last Modified: 12 Sep 2022 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20534

Actions (login required)

View Item View Item