(SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Self Esteem Anak Usia Dini Di TKIT 1 Qurrota A'Yun Ponorogo

Agustin, Ayu (2022) (SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Self Esteem Anak Usia Dini Di TKIT 1 Qurrota A'Yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Other (Journal)
205180004_Ayu Agustin_PIAUD

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Agustin, Ayu. 2022.Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak Usia Dini Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi.,Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah, M. Pd.I.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Self Esteem, Anak Usia Dini.
Masa anak usia dini adalah masa emas, masa yang tepat anak diberikan stimulus untuk merangsang tumbuh kembang anak. Masa ini merupakan masa dimana bermain menjadi aktivitas alamiah yang pasti dilakukan oleh anak karena anak masih berfikir simbolik yaitu berfikir tentang obyek atau peristiwa yang tidak hadir secara nyata. Metode bermain peran atau pura-pura menjadi stimulus yang tepat untuk membantu perkembangan harga diri anak. Observai awal penliti meneukan beberapa anak yang apabila dikasih tugas oleh guru selalu bilang tidak bisa padahal itu mudah dikerjakan untuk anak sesusianya. Berangkat daari observasi awal peneliti akan menitikberatkan perkembangan harga diri anak melalui metode bermain peran di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan bermain peran untuk meningkatkan self esteem anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo; (2).menjelaskan faktor yang mempengaruhi self esteem anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo dan (3).menjelaskan capaian perkembangan setelah diadakan implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan self esteem anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan teknik observasi dan wawancara. Waktu penelitian selama satu bulan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik Milles Hiberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian. Penelitin ini dilakukan selama satu bulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan self esteem anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo di kelompok B yaitu bermain peran dengan tema pekerjaan, bermain peran ketika jam bermain bebas dan adannya kegatan pasar mini yang mana menambah banyak manfaat terutama menambah interaksi anak sehingga anak mampu berpandangan positif tentang dirinya senidiri dan mampu merasa bahwa dirinya penting, berhasil dan berharga. (2) factor yang mempengaruhi self esteem anak usia dini adalah (a) ikatan batin, (b) hubungan emosional, (c) pengakuan, (d) pengalaman sekolah, (e) bertumbuh dan berkembang.(3) perkembangan self esteem setelah guru mengimplementasi metode bermain peran pada anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo mengalami peningkatan hal ini ditujunjukkan dengan anak mampu melakukan berbagai hal diantaranta (a) berpisah dengan orang tua atau pengasuh utama di sekolah tanpa kesulitan. (b) berhasil menyelesaikan tugas. (c) melakukan pilihan kegiatan tanpa bantuan guru. (d) mengajak anak-anak lain bermain. (e) bermain peran percaya diri di permainan drama. (f) membela hak sendiri. (g) menampilkan antusiasme kerjakan sendiri berbagai hal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:38
Last Modified: 12 Sep 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item View Item