Konsep Kepemimpinan Dalam Al-Qur'an

Nurhabib, Faris (2022) Konsep Kepemimpinan Dalam Al-Qur'an. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HABIB UPLOAD ETHEASIS END.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurhabib, Faris. 2022. Konsep Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an‎. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Moh. Alwy Amru G, M.S.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Al-Qur’an.
Konsep “pemimpin” sinonim dengan kata asing “leader” dan “kepemimpinan” dengan “leadhership”. Pemimpin artinya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dalam penyelenggaraan suatu kegiatan organisasi agar kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan efisien. Dalam agama Islam konteks kepemimpinan ini diartikan dengan kata khalifah, imam atau imamah, wali atau auliya’, ulul ‘amri, malik. Dengan makna sendiri-sendiri. Pemimpin haruslah berwibawa dan dihormati rakyatnya. Perlu dicatat bahwa kesetiaan dan kejujurannya sangat diperlukan bagi pemegang jabatan kepala negara. Sehingga peneliti memunculkan pertanyaan 1) Bagaimana terminologi pemimpin di dalam al-Qur’an dan apa maknanya, 2) Bagaimana syarat dan kriteria pemimpin dalam al-Qur’an, 3) Bagaimana tanggung jawab seorang pemimpin dalam al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode Tafsir Tematik. Adapun beberapa langkahnya antara lain; menentukan tema, menghimpun ayat yang berkaitan dengan tema, menyusun berdasarkan turunnya ayat disertai asbabun nuzul, mengetahui munasabah ayat, menyusun tema dengan bahasa yang sistematis, melengkapi dengan hadis bila diperlukan, dan yang terakhir mengompromikan yang am dankhas, yang mutlaq dan muqayyad, dan menjelaskan nasikh dan mansukhnya dalam Al-Qur'an.
Adapun hasil penelitiannya yaitu 1) Term pemimpin di dalam al-Qur’an ada beberapa yaitu (Khalifah (127 kali disebutkan), Imam atau Imamah (12 kali), Ulul ‘Amri (2 kali), Wali (233 kaali), dan Malik (5 kali)) dengan spesifikasi di dalam al-Qur’an terdapat pada beberapa surat dan ayat 2) Syarat seorang pemimpin dalam al qur’an yaitu yang paling utama adalah beragama Islam dengan patokan yang sesuai yang terkandung dalam al-Qur’an sebagai pedoman umat islam, setelah islam yaitu laki-laki, adil, merdeka, baligh, Bisa menjadi hakim. Selanjutnya yaitu kriteria seorang pemimpin adalah pemimpin yang bisa menyampaikan amanat 3) pemimpin yang telah diberikan tugas maka harus menjalankan amanah yang diberikan dengan baik, mendamaikan perselisihan diantara umaat agar tercipta kerukunan dan keamanan, dan bisa menjadi perisai bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Alwy Amru Ghozali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:38
Last Modified: 12 Sep 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item